POPULAR STORIES

Fungsi Injector Cleaner Untuk Mobil Dan Anjuran Penggunaannya

Fungsi Injector Cleaner untuk Mobil dan Anjuran Penggunaannya Ilustrasi menggunakan injector cleaner yang dituang melalui tangki bensin mobil. (Foto: Eggi/KabarOto)

KabarOto.com - Penggunaan injector cleaner seringkali jadi topik di dunia otomotif. Injector cleaner adalah produk berupa cairan aditif yang digunakan untuk membersihkan komponen injektor di dalam kendaraan.

Sobat KabarOto harus tahu, fungsi utama dari injector cleaner adalah membersihkan dan mencegah lubang pin injector tersumbat endapan hingga residu pembakaran. Selain itu, injector cleaner juga berfungsi untuk menjaga sistem bahan bakar selalu bersih.

Melansir Autozone, penggunaan produk ini bertujuan untuk memelihara sistem injeksi bahan bakar, yang menjadi inti dari kinerja mesin kendaraan.

Manfaat Injector Cleaner

  1. Meningkatkan Performa Mesin: Dengan membersihkan injektor, injector cleaner membantu menjaga aliran bahan bakar yang lancar dan konsisten, yang pada gilirannya bakal meningkatkan performa mesin. Tentunya, Ini dapat menghasilkan akselerasi yang lebih baik, respons gas yang lebih cepat, dan pembakaran yang lebih efisien Sob!

  2. Mengurangi Emisi Beracun: Kotoran dan endapan dalam sistem injeksi bahan bakar dapat menghasilkan emisi beracun yang tinggi. Dengan membersihkan injektor secara teratur, injector cleaner dapat membantu mengurangi emisi yang dihasilkan oleh kendaraan, sehingga lebih ramah lingkungan.

  3. Menghemat Biaya Perawatan: Pemakaian injector cleaner secara rutin dapat membantu mencegah kerusakan dan masalah yang berkaitan dengan sistem injeksi bahan bakar. Dengan demikian, penggunaan produk ini secara teratur dapat menghemat biaya perawatan jangka panjang kendaraan.

Injector Cleaner untuk Mobil
Salah satu produk injector cleaner dari STP Complete Fuel System Cleaner. (Foto: Deddy/KabarOto)

Baca Juga: Ini Penyebab Mobil Injeksi Boros Tak Bertenaga

Cara Menggunakan Injector Cleaner yang Benar

  1. Pilih Produk yang Tepat: Pilihlah injector cleaner yang sesuai dengan jenis mesin dan kebutuhan kendaraan. Baca dahulu petunjuk penggunaan dan dosisnya seperti yang disarankan oleh produsen.

  2. Tambahkan ke Tangki Bahan Bakar: Campurkan injector cleaner dengan bahan bakar dalam tangki kendaraan Sobat sesuai dengan dosis yang disarankan. Pastikan untuk mengikuti petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan produk. Ada baiknya pemakaian 1 botol injector cleaner dilakukan dalam keadaan tangki bensin terisi setengah dari penuh.

  3. Pemakaian Rutin: Gunakan injector cleaner secara rutin sesuai dengan jadwal perawatan yang direkomendasikan. Penggunaan secara berkala akan membantu menjaga injektor tetap bersih dan kinerja mesin optimal.

Anjuran Penggunaan Injector Cleaner

Sobat, penggunaan injector cleaner yang berlebihan juga bisa merusak sensor kendaraan, seperti sensor MAP, karena uap acetone yang terkandung dalam cairan injector cleaner. Untuk mengurangi risiko penggunaan yang terlalu sering, disarankan untuk mengikuti petunjuk penggunaan yang diberikan oleh produsen.

Baca Juga: Cara Mengetahui Gejala Rusak Fuel Pump Mobil Injeksi

Sebaiknya, penggunaan injector cleaner dilakukan setiap 10.000 km atau sekali setahun. Jika Sobat mau membersihkan injector secara manual, Sobat bisa menggunakan alat pembersih injector yang biasanya hanya tersedia di bengkel besar. Perlu diingat setelah Sobat membersihkan injector, sebaiknya menguji kembali kemampuan penyemprotan injector tersebut.

Temukan Tips Seputar Otomotif Lainnya dengan Mengunjungi: Ototips