Gaikindo Masih Optimis GIIAS 2020 Tetap Berlangsung

Gaikindo Masih Optimis GIIAS 2020 Tetap Berlangsung

KabarOto.com - Industri otomotif mengalami penurunan di tengah pandemik Covid-19 yang menimpa berbagai negara termasuk Indonesia. Untuk menumbuhkan industri ini, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) tetap berupaya agar insudtri yang diandalkan di Indonesia ini tetap tumbuh dalam situasi pandemik Covid-19.

Salah satu upaya konsisten selalu dijalankan adalah penyelenggaraan rangkaian pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2020 The Series. Tahun ini, menurut rencana akan tetap pameran tersebut akan tetap diigelar. Namun ada beberapa perubahan jadwal.

Baca Juga: Hindari Penyebaran Virus Corona, GIIAS Surabaya Ditunda

Lalu mengapa Gaikindo begitu optimis untuk menyelenggarakan pameran tersebut, di tengah wabah Covid-19 yang belum juga mereda. Dari siaran pers yang diterima, Gaikindo berasumsi bahwa bulan Juni 2020 kondisi pandemik akan mulai membaik. Kemudian pada bulan Juli 2020 kondisi negara secara keseluruhan akan mulai berangsur-angsur normal, termasuk kondisi ekonomi Indonesia.

Tahun ini penyelenggaraan penyelenggaraan GIIAS 2020 The Series agak meleset, Gaikindo hanya akan menggelar dua pameran pada tahun ini, yaitu GIIAS Surabaya 2020 dan The 28th GIIAS di BSD-CITY. Sementara penyelenggaraan GIIAS Makassar dan GIIAS Medan akan dilaksanakan pada tahun depan.

Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo menyatakan, keputusan ini sudah menimbang dan merupakan hasil keputusan bersama. “Kami harus berpikir ke depan, berbagai faktor harus kami prioritaskan, seperti kesehatan dan keselamatan masyarakat, kondisi perekonomian negara," terangnya.

Selain itu menurutnya, Gaikindo juga harus memikirkan kepentingan industri, karena industri otomotif akan membutuhkan waktu untuk recovery, namun juga membutuhkan ajang untuk bangkit Kembali. "Oleh karena itu, kami memutuskan untuk berupaya tetap melangsungkan GIIAS 2020, konsentrasi ke dua penyelenggaraan, dengan beberapa penyesuaian,” jelasnya.

Baca Juga: Usung Tema 'Future Now' Pameran GIIAS Tahun Ini Soroti Teknologi Keamanan Kendaraan

Rencana GIIAS Surabaya 2020 akan berlangsung pada 2-6 September 2020, di Grand City Convex Surabaya. Sementara, The 28th GIIAS 2020, BSD-City akan berlangsung pada 22 Oktober – 1 November 2020, di Indonesia Convention Exhibtion (ICE).