Galang dan Hendra Pertahankan Posisi 3 Standing Point Tim di ARRC 2016

Alif Sowandono
Alif Sowandono 07 Jun 2016 - 12:27
Galang dan Hendra Pertahankan Posisi 3 Standing Point Tim di ARRC 2016
Galang Hendra dan Rey Ratukore di paddock seri 3 ARRC di sirkuit Suzuka Jepang ( Foto : Yamaha Racing Indonesia)

Hasil cukup baik berhasil diraih oleh Galang Hendra Pratama dan Reynaldo Ratukore pada kejuaraan Asia Road Racing Championship (ARRC) 2016 Seri 3 kelas Asia Production (AP) 250cc yang berlangsung di Sirkuit Suzuka, Jepang, Minggu 5 Juni 2016. Galang dan Rey yang tergabung dalam tim Yamaha Racing Indonesia, berhasil mempertahankan posisi 3 pada standing point tim dengan poin 62.

Di race 1 Asia Road Racing Championship (ARRC) 2016 yang berlangsung Sabtu 4 Juni, Galang dan Rey pebalap Yamaha Racing Indonesia mendapatkan hasil kurang memuaskan. Galang finis di urutan belakang 23 setelah sebelumnya tergelincir keluar lintasan di dunlop center bersama 2 rider lainnya. Hal ini disesali oleh Galang, karena race hanya tersisa 1 lap akhir menjelang garis finis. Sementara Rey gagal finis, hingga 2 lap menjelang finis masih berjuang untuk masuk ke rombongan depan untuk bisa menduduki posisi 4. Namun, perjuangannya harus terhenti karena tergelincir di S Curve.

Di race 2 Galang berhasil finis di posisi 9 setelah start dari posisi 10, sedangkan Rey menyelesaikan balapan di urutan ke-8. ”Hasil di race 2 ini tidak terlalu buruk jika dibanding dengan race 1, saya berhasil finis di posisi 9. Sejak lap 1 sampai terakhir saya push motor sampai limit agar bisa keluar dari group 2, dan dengan performa motor di race 2 ini saya yakin bisa mendekat ke group 1, tetapi amat sangat disayangkan di setiap tikungan saya banyak kehilangan waktu karena banyaknya rombongan yang sangat rapat di racing line, sehingga membuat saya selalu melakukan pengereman lebih awal,” tutur Galang.

Sementara Rey start dari posisi 6, dan mencoba masuk ke group 1 sejak lap awal. Namun, ia pun mengakui pertarungan antar rider di group 2 sangat ketat. “Sirkuit Suzuka merupakan sirkuit favorit saya. Namun hasil di race 2 ini saya dan Galang sulit untuk keluar dari group 2. Racing line rider di depan sangat rapat. Kekuatan saya untuk mengejar hanya di sektor 3 & 4 terutama ketika memasuki chicane sebelum tikungan terakhir,” tuturnya.

Menanggapi hasil di race 2 ini, Manajer Tim Yamaha Racing Indonesia, Wahyu Rusmayadi mengatakan, ”Di race 2 ini kedua rider mendapatkan poin, tetapi memang hasilnya belum maksimal. Kedua rider sudah menunjukan perofrma terbaiknya. Namun di group 2 ini memang persaingan sangat ketat. Next round Asia Road Racing Championship (ARRC) 2016 di Sentul adalah home base kami, kami yakin bisa mendapatkan hasil lebih baik dari seri 3 ini. Terima kasih kepada engineer, teknisi, sponsor dan semua pihak yang sudah mendukung kami di seri 3 ini.”

Baca juga :