POPULAR STORIES

Galeri Toyota GR Corolla Yang Meluncur Di GIIAS 2023

Galeri Toyota GR Corolla yang Meluncur di GIIAS 2023 Galeri Toyota GR Corolla yang Meluncur di GIIAS 2023 (Kipli)

KabarOto.com - Ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 tak hanya jadi pameran mobil-mobil keluarga dan mewah, ada segmen seperti mobil bagi para pecinta kecepatan yakni Toyota GR Corolla yang baru saja diluncurkan Toyota Astra Motor (TAM) di GIIAS 2023 ICE BSD City, Tangerang.

GR Corolla memiliki panjang 4.410 mm, lebar 1.850 mm dan tinggi 1.480 mm termasuk antena (tinggi atap 1.455 mm). Jarak sumbu rodanya 2.640 mm dengan total bobot kendaraan 1.475 kg.

Desain agresif, tarikan garis bodi tajam jadi nilai jual dari GR Corolla. Memakai pelek ukuran 18 inci, dibalut ban Michelin Pilot Sport 4 profil 235/40 R18.

Sementara sistem rem sudah cakram depan ukuran 14 inci berventilasi dijepit kaliper 4 piston, dan cakram belakang 11,7 inci berventilasi gunakan kaliper 2 piston. Lalu suspensi depan andalkan MacPherson dan belakangnya double wishbone.

Model ini hadir dengan mengusung konsep mobil balap serta fokus memenangkan setiap kompetisi. Bahan aluminium dimanfaatkan untuk kap mesin, pintu belakang dan panel pintu.

Baca Juga: Toyota Hadirkan Alphard Generasi Ke-4 Di GIIAS 2023, Ini Harganya

Sementara bagian atas dilengkapi panel atap carbon fiber-reinforced plastic yang menggunakan metode compound moulding agar memudahkan dalam desain bentuk. Tampilan semakin sangar berkat aplikasi body kit agresif termasuk kisi udara berukuran besar untuk pendingin dan aerodinamika.

Namun model ini juga tetap memberi kenyamanan kepada pelanggan yang ingin memanfaatkannya sebagai kendaraan sehari-hari. Terlebih Toyota mempertahankan konsep lima pintu.

Jantung pacunya sama seperti GR Yaris yaitu mesin 3 silinder, segaris, turbo intercooler dengan kapasitas 1.600 cc. Namun ada performa yang dihasilkan mengalami perbedaan signifikan karena sudah mengalami upgrade.

Tercatat, tenaga dari mesin di GR Corolla mencapai 299 dk pada 6.500 rpm dan torsi 370 Nm pada 3.000-5.550 rpm. Tenaga tersebut kemudian disalurkan pada transmisi manual 6 percepatan. Sementara GR Yaris dengan mesin serupa mencatatkan tenaga 268 dk di 6.500 rpm serta torsi 360 Nm di 3.000 – 4.000 rpm dengan transmisi manual 6 percepatan.

Baca Juga: Sejarah Toyota Alphard Di Indonesia, Lahirkan 3 Generasi

Keunggulan lain adalah disematkannya sistem GR-Four 4WD yang sudah terdapat electronic multi-plate clutch. Berkat ini maka mobil bisa menggunakan beragam variasi gaya penggerak depan dan belakang. Sistem GR-Four AWD yang menawarkan pilihan pembagian torsi 60:40, 30:70 atau 50:50 antara as roda depan dan belakang.

Kendati demikian, 4WD pada mode drive mampu mengontrol respons akselerator, kemudi dan lainnya secara terpisah. Sehingga pengemudi dapat memilih preferensi sesuai gaya menyetir atau kondisi jalanan.

Sistem keselamatan TSS 3.0 termasuk Blind Spot Monitor (BSM) serta Rear Cross Traffic Alert (RCTA), begitu juga dengan Hill Start Assist Control (HAC), Road Sign Assist memudahkan pengendara menyadari rambu lalu lintas, dan lainnya sudah jadi standar di mobil ini.

Silakan Sobat simak galeri di bawah ini.