POPULAR STORIES

Sejarah Toyota Alphard Di Indonesia, Lahirkan 3 Generasi

Sejarah Toyota Alphard di Indonesia, Lahirkan 3 Generasi 3 Generasi Toyota Alphard di Indonesia, Simak Sejarahnya (Hatsukari715, Two hundred percent, Dinkun Chen)

KabarOto.com - Toyota Alphard kerap diidentikan dengan MPV mewah yang wajib dimiliki orang kaya. Kini, Toyota Alphard sudah memasuki 3 generasi di Indonesia, dan 4 generasi secara global.

Toyota Alphard Gen-1 atau AH10 pertama kali meluncur pada tahun 2022 untuk pasar Jepang. Mengusung mesin kode 2AZ-FE, 2.400 cc VVTi 4 silinder. Di atas kertas, mampu menghasilkan tenaga maksimum 160 dk dan torsi 195 Nm.

Lalu ada pilihan mesin V6 3.000 cc berkode 1MZ-FE, tenaganya sebesar 220 dk dan torsi 310 Nm. Disalurkan ke roda depan maupun AWD opsional, dengan transmisi otomatis 4 percepatan dan 5 percepatan.

Dimensi Toyota Alphard generasi pertama atau AH10 ini memiliki panjang 4.865 mm, lebar 1.830 dan tinggi 1.935 mm. Sementara sumbu rodanya adalah 2.900 mm dengan bobot kosong sekitar 1.800 kg.

Sejarah Toyota Alphard berlanjut pada tahun 2005, dengan kehadiran versi Gen-1 Facelift. Pada bagian depan seperti grille desainnya lebih modern dengan aksen krom. Selain itu posisi foglamp, juga lebih turun ke bawah serta desain bumper yang lebih sporty dan ukuran menjadi 17 inci.

Bagian interior, ada warna dengan dua pilihan kombinasi: beige dan abu-abu yang dipadu aksen wood panel, warnanya lebih gelap dari sebelumnya. Kemudian soal kenyamanan tidak berubah, ada head unit layar sentuh, jok elektrik, hingga pintu geser elektrik. Hadir pula dua sunroof yang terletak pada bagian atas depan dan tengah.

Baca Juga: Resmi Meluncur, Toyota Alphard Dan Vellfire Anyar Pakai Mesin Hybrid Dan Sasis TNGA

Alphard berlanjut pada tahun 2008, generasi kedua. Mobil berkode AH20 ini sudah dijual resmi oleh PT Toyota Astra Motor (TAM).

Alphard Gen-2 memiliki ubahan pada sisi desain eksterior, dan dimensinya jadi lebih bongsor. Selain itu, hadir juga Toyota Vellfire yang desainnya sedikit lebih agresif dari Alphard.

Dimensi Alphard generasi kedua ini, ukuran bodi bertambah dari generasi pertama, memiliki panjang 4.915 mm, lebar 1.850 dan tinggi 1.895 mm serta jarak sumbu roda bertambah 15 mm.

Pada generasi kedua Alphard, Toyota menawarkan mesin baru 2GR-FE V6 dengan kapasitas 3.500 cc, mampu menghasilkan tenaga maksimum 280 dk dan torsi 330 Nm. Pilihan transmisinya otomatis 6-percepatan atau CVT 7-percepatan.

Pada bagian interior, Alphard generasi kedua ini menyuguhkan warna abu-abu tua, ivory dan panel kayu dengan aksen krom, membuat kabin depan tampil semakin elegan. Soal fitur, Alphard AH20 sudah dilengkapi kontrol traksi, sensor parkir, Adaptive Front Lighting System (AFS), serta Toyota Premium Sound dengan 8 speaker.

Pada tahun 2012, Alphard Gen-2 Facelift hadir dengan sejumlah penyegaran pada sisi eksterior dan interior. Desain bumper depan tampilannya yang lebih tegas dengan tetap mempertahankan aksen krom.

Sementara itu interior, aksen wood panel tampil dengan warna lebih gelap serta jumlah speaker menjadi 10 untuk menunjang kenyamanan penumpang baris ketiga.

Baca Juga: Intip Galeri Toyota Alphard Dan Vellfire Yang Baru Meluncur Secara Global

Toyota Alphard generasi ketiga atau AH30 meluncur pertama kali pada 2015. Terlihat jelas dari desain grill yang lebih besar menjorok hingga ke bawah dengan aksen krom, serta desain bumper dipadukan dengan desain lampu utama yang mirip eagle eyes.

Paduan tersebut semakin lengkap dengan penggunaan pelek berukuran 18 ini dengan desain baru. Mesin 2AR-FE 4 silinder 2.500 cc dual VVTi, diklaim mampu menghasilkan tenaga maksimum 180 dk dan torsi 235 Nm, serta hadir juga mesin 2.500 cc Hybrid bertransmisi CVT.

Mesin 3.500 cc lama, masih dipertahankan. Mesin ini hadir sebagai opsi untuk konsumen yang menginginkan peforma lebih bertenaga.

Adapun varian yang dijual oleh PT TAM yaitu 2.5 X, 2.5 G, 3.5 Q dan 2.5 G Hybrid. Sementara untuk fiturnya, Alphard genersasi ketiga ini sudah dilengkapi dengan 7 SRS airbags, 7 seatbelt warning, kamera 360, Blind spot monitoring, parking camera + sensor, ABS, EBD, BA dan Hill Start Assist (HSA).

Memasuki tahun 2018 ada revisi tampilan supaya lebih mewah. Khusus varian 3.500 cc juga dapat transmisi baru 8-percepatan otomatis.

Pada 2021, Sejarah Toyota Alphard Gen-3 kembali dilanjutkan. Mobil ini kembali mendapat revisi dengan beberapa ubahan. Utamanya pada fitur keselamatan. Adalah fitur adaptive cruise control (ACC). Jika sebelumnya ACC bisa aktif saat kecepatan 50 kpj, sekarang sejak kecepatan 0 kpj pun fitur ACC dapat diaktifkan.

Selain itu, fitur lain yang masuk ke dalam TSS adalah pre-collision system (PCS), lane departure alert (LDA), dan automatic high beam (AHB). Terdapat pula tire pressure monitoring system (TPMS) serta intelligent clearance sonar (ICS).