POPULAR STORIES

Gas Kawasaki Ninja 150 'Nyangkut'? Bahaya Sob, Cek Bagian Ini

Gas Kawasaki Ninja 150 'Nyangkut'? Bahaya Sob, Cek Bagian Ini Gas Kawasaki Ninja 150 'Nyangkut'. (Foto: Kipli)

KabarOto.com - Tidak dipungkiri berbagai tipe Kawasaki Ninja 150 Series kembali naik daun akhir-akhir ini. Varian yang kerap diberi julukan Ninja 2-tak tersebut juga tak terlahir tanpa masalah, contohnya 'gas nyangkut' yang kerap dikeluhkan para penggunanya.

Bengkel spesialis pun mengamini hal tersebut, contohnya Zaenudin dari Eka Jaya Motor, "Jadi memang relatif sering terjadi putaran gas jadi tidak mau turun, padahal selongsong gas sudah ditutup penuh. Bisa membahayakan saat berkendara," ujarnya.

Modifikasi Spuyer

Pria yang akrab dipanggil Bang Jay tersebut bilang ada beberapa faktor gas nyangkut di Ninja 150 RR, salah satunya adalah salah menentukan ukuran pilot jet di karbu bawaan Ninja 150 RR berkode Mikuni VM28.

"Misalnya ganti spuyer yang lebih besar karena modifikasi, kalau tidak sesuai kebutuhan mesin, bisa terjadi (nyangkut)," tambah punggawa bengkel di kawasan Tangerang itu.

Skep Baret

Gejala lainnya datang dari skep standar motor yang sudah aus maupun baret. "Biasanya ya karena usia pemakaian, enggak ada mitos yang bilang kalau material dasarnya kurang berkualitas, insinyur pasti sudah memperhitungkan itu (skep). Tapi memang bisa dicoba dengan mengganti skep pakai produk aftermarket yang banyak dijual," tutupnya

Sobat bisa coba botol skep aftermarket yang biasanya berbahan krom maupun stainless sebagai gantinya. Pria subur itu juga bilang, mengganti per skep dengan yang lebih keras juga bisa jadi solusi untuk mengatasi penyakit motor Ninja 2-tak itu. Selamat mencoba!