POPULAR STORIES

Gawat, Bantalan Headrest Dapat Sebabkan Kematian

Gawat, Bantalan Headrest Dapat Sebabkan Kematian Bantalan Headrest (istimewa)

Kabaroto.com - Pemilik mobil melakukan berbagai cara agar tetap merasa nyaman saat berada di dalam kabin mobil. Salah satunya adalah dengan menempatkan bantal pada headrest. Padahal, hal itu justru berbahaya.

Ya, aksesori ini dianggap mampu memberikan kenyamanan pada saat berkendara karena bisa mengganjal leher. Oleh karenanya, bantalan headrest kini banyak dipasarkan dengan berbagai desain, bentuk, dan warna.

Akan tetapi, penggunaan bantalan headrest ternyata berbahaya. Itu karena aksesori ini dapat menimbulkan terjadinya Whiplash atau kondisi cedera leher di mana leher dipaksa menjulur terlalu jauh ke belakang dan kemudian secara cepat maju ke depan.

Fungsi headrest adalah untuk melindungi leher pengemudi dan penumpang mobil pada saat terjadi kecelakaan atau tabrakan dari belakang. Badan dan kepala akan terdorong oleh momentum ke depan saat terjadi kecelakaan.

Headrest berfungsi untuk meredam dampak dari momentum kepala dan leher setelah maju ke depan. Akan tetapi disebabkan adanya bantalan headrest, fungsi headrest sendiri tak bisa berjalan sebagaimana mustinya. Kepala tak bisa menyentuh headrest karena tertahan bantal. Oleh karenanya, penggunaan bantalan headrest tak diperbolehkan karena dapat menyebabkan cedera leher dan bahkan kematian.