POPULAR STORIES

Genap 50 Tahun, Yuk Intip Sejarah Pionir Supercar Jepang Toyota 2000GT

Genap 50 Tahun, Yuk Intip Sejarah Pionir Supercar Jepang Toyota 2000GT Ist.

KabarOto.com - Toyota 2000GT adalah sebuah mobil sport yang diproduksi oleh Toyota Motor Corporation dengan sangat terbatas di Jepang. Pertama kali diperkenalkan pada Tokyo Motor Show 1965, produksi mobil tersebut dimulai 1967 dan berakhir 1970.

Sobat Kabaroto mungkin banyak yang tahu Lexus LFA dan Honda NSX yang sangat legendaris sampai sekarang. Namun, berdasarkan tahun pembuatan, Toyota 2000GT layak menyandang predikat supercar Jepang yang pertama.

Dahulu produsen otomotif Jepang dianggap hanya bisa mengikuti tren Amerika dan Eropa, sampai akhirnya kedua benua tersebut harus ketar-ketir ketika 2000GT diproduksi untuk bersaing dengan supercar pabrikan mereka.

Baca Juga: Modifikasi Datsun 510 Mad Wagon Asal Tangerang Ini Jadi Buah Bibir Di Australia

Banyak yang bilang kalau ini merupakan mobil revolusioner dari pabrikan Jepang, meski demikian, hanya 351 unit saja yang berhasil terjual. Hal itu terjadi karena harganya yang sangat mahal, melebihi harga Porsche dan Jaguar saat itu. Kebanyakan terjual dalam warna merah dan putih.

Mobil ini menganut model Gran Tourer (GT). Desain itu dikombinasikan dengan styling coke bottle dan pop-up headlamp. Toyota 2000GT juga merupakan mobil Jepang pertama yang dipakai James Bond.

Interior Toyota 2000GT dinilai banyak pihak sangat berkualitas pada masanya. Lapisan kulit pada joknya dan kayu Rosewood veneers pada interiornya dibuat oleh divisi produsen grand piano dari Yamaha.

Mesin Toyota 2000GT memiliki kapasitas 2.000 cc 6 silinder DOHC yang dirancang Yamaha sehingga bisa menghasilkan tenaga 150 dk. Tenaga tersebut disalurkan pada transmisi manual 5 percepatan dan penggerak roda belakang, mesin ini bisa meraih top speed 217 kpj dengan konsumsi BBM 13,1 kpl.