Google Kembangkan Teknologi Deteksi Jalan Berlubang

Abdi Kurniawan
Abdi Kurniawan 31 Aug 2015 - 12:21
Google Kembangkan Teknologi Deteksi Jalan Berlubang
Teknologi Google terbaru yang bisa mendeteksi jalan berlubang di kendaraan bermotor, khususnya mobil (Foto: Dailymail)

 

Jalan berlubang merupakan satu masalah yang ada di jalanan. Lubang di jalan merupakan suatu masalah bagi setiap kendaraan. Meskipun kendaraan tersebut sangat nyaman sekalipun. Adanya lubang dijalan dapat menyebabkan kerusakan kendaraan diseluruh dunia dan menjadi faktor utama kematian bagi pengendara sepeda motor. Apa saja pengembangan teknologi Google tersebut?

Kini Google mengembangkan teknologi terbarunya untuk mengatasi masalah jalan berlubang itu. Dalam teknologi ini, kendaraan khususnya mobil secara otomatis akan mendeteksi lubang di jalan dan kemudian menggunakan data tersebut untuk merencanakan rute perjalanan yang lebih mulus.

Google telah mengajukan paten yang menggunakan sensor kejut di GPS kendaraan untuk memetakan lokasi lubang dan segmen yang tidak rata atau berlubang di permukaan jalan.

Informasi ini kemudian dikumpulkan oleh server pusat dan digunakan untuk menghasilkan 'laporan kualitas jalan' sebelum membantu memberikan arah yang menghindari jalan terburuk.

Informasi tersebut juga dapat diteruskan ke Pemerintah Daerah (Pemda) dan instansi jalan raya untuk membantu mereka menentukan daerah-daerah mana yang perlu diperbaiki.

Dalam paten Google yang dikutip Daily Mail, baru-baru ini menjelaskan, sinyal-sinyal dari sensor akan dipantau oleh sebuah sirkuit elektronik dari head unit dan dianalisis untuk menilai kualitas jalan oleh jumlah getaran vertikal yang ditemui.

Baca Juga: