Goresan Kelir Airbrush JJ Raih MURI

Abdi Kurniawan
Abdi Kurniawan 05 Jun 2015 - 08:59
Goresan Kelir Airbrush JJ Raih MURI
Jaidun Mochtar JJ Airbrush yang raih dua rekor MURI

Eksekutif- Namanya tidak lagi diragukan dikalangan modifikator motor. Goresan airbrushnya sangat bagus dan yahud. Bayangkan, Jaidun Mochtar alias JJ raih 2 rekor MURI Ia berhasil mewarnai escavator (alat berat) dan kulkas serta mesin cuci dengan motif batik.

Pria ini lahir di Purworejo, 15 Juli 1982 sehari-harinya ia berprofesi sebagai penjual jasa modifikasi motor di bidang airbrush. Iya, semprotan warnanya selalu menakjubkan. Cerminkan keindahan seni. Alhasil kini banyak produksinya yang mewarnai jalan Ibu Kota dan sekitarnya.

Airbrush JJ mempunyai ciri tersendiri, minimalis. Walaupun minimalis, detail keindahan pada tekstur yang terkecil terlihat jelas. Dari motif garis, gradasi, ekstrim, VIP, elegant hingga corak batik serta motif sesuai selera konsumen ia kerjakan. Tak heran bila konsumen yang datang ke tempat usahanya yang berlokasi di wilayah Jakarta Timur ini dari Sabang sampai Merauke. Iya, di dunia airbrush nama JJ berkibar. Konsumen rela membuang dananya demi keindahan airbrush yang disemprotkan dikendaraannya.

Berkat ketelitian dan deadline yang tepat waktu, ia mendapatkan order yang berlimpah dari Honda dipertengahan lima tahun silam, 2010. Pihak pabrikan roda dua tersebut meminta JJ untuk membuat motif kupu-kupu di kendaraan roda dua merek Honda Scoopy. Sejumlah 95 unit motor baru ini dihiasi airbrush motif kupu-kupu dengan warna yang berbeda. Banyak penggemar motor Jepang tersebut gemar dengan coretan airbrush JJ.

Nama JJ airbrush makin booming di kalangan pecinta otomotif. Semakin melambungnya nama tersebut, membuat pengusaha alat kendaraan berat tertarik akan kerja airbrushnya. Sebuah tantangan baru bagi JJ untuk airbrush escavator di iyakan. Kendaraan berat tersebut akan disulap berseni dengan gaya airbrush batik Cirebon. Kenapa batik? Alasannya, cinta produk Indonesia. Eksekusi dalam waktu 10 hari diselesaikannya dengan sempurna dihanggarnya, daerah Cakung dengan biaya bahan sekitar Rp 50 juta. Escavator yang bertampang menakutkan tersebut asyik dipandang mata.

“Saya mengerjakan proyek ini dengan sungguh-sungguh. Produk semprotan airbrush ini akan di daftarkan ke MURI. Berkat kerja keras saya dan karyawan, escavator tersebut berhasil memecahkan rekor MURI di bulan Februari 2010, lima tahun silam lalu. Ini suatu kebanggaan buat saya,” ungkap JJ.

Demikian juga di akhir bulan Nopember 2010, lagi-lagi JJ mendapatkan prestasi yang sama rekor MURI. Karena berhasil membuat produk terbaru kulkas dan mesin cuci pertama di Indonesia yang dilapisi airbrush batik.

Ketika itu JJ membuat 20 desain batik asal daerah Indonesia, diantaranya batik Solo, Kalimantan, Yogyakarta, Semarang, Cirebon, Banten, Medan, Banyumas dan lain sebagainya yang disemburkan airbrush di atas kulkas dan mesin cuci dari beberapa tipe, besar, sedang dan kecil.

“Eksekusi produk kulkas dan mesin cuci untuk kerjanya hanya sebulan. Hasil karya saya itu setelah mendapatkan rekor MURI dilelang ke pejabat Negara. Mengenai harga lelang saya tidak tahu. Yang terpenting buat saya, sekarang ini saya akan bekerjasama dengan pabrikan kulkas dan mesin cuci yang terkenal. Produk tersebut akan bermotif batik airbrush,” gembiranya yang ketika itu desain airbrush roda dua dan empat masih terus berjalan dan berlimpahnya pesanan. (als)

Baca Juga: