POPULAR STORIES

GP F1 Azerbaijan, Bottas Jadi Juara Dan Mercedes Terus Mendominasi

GP F1 Azerbaijan, Bottas Jadi Juara dan Mercedes Terus Mendominasi Valtteri Bottas (ist)

KabarOto.com - Balapan Grand Prix Formula 1 Azerbaijan, yang berlangsung Minggu (28/4) kemarin berjalan dengan seru dan ketat. Dalam balapan tersebut, Mercedes kembali menunjukkan dominasi mereka di awal musim Formula 1 2019 ini. Tim berlogo bintang tersebut akhirnya berhasil finis pada peringkat 1 dan 2.

Hasil podium itu didapat setelah pembalap mereka Valtteri Bottas, berhasil menjadi juara dalam balapan yang berlangsung di Sirkuit Baku, Azerbaijan. Bottas berhasil menyelesaikan lomba, finis terdepan dengan waktu 1 jam 31 menit 52,942 detik.

Baca juga: F1 GP Cina 2019 : Hamilton Menangi Balapan F1 Ke-1000

Bottas finis paling depan diikuti rekan setimnya, Lewis Hamilton. Sementara posisi ketiga ditempati pebalap Ferrari, Sebastian Vettel. Bottas menuntaskan balapan di Sirkuit Baku dengan sempurna, usai memulai lomba dari posisi paling depan.

Balapan berjalan dengan ketat

Seperti dilansir Crash.net, sebenarnya Hamilton telah melakukan start yang bagus, dan kedua pembalap Mercedes bersampingan di tikungan pertama dan kedua. Tetapi Bottas gigih mempertahankan posisinya dan langsung membuka jarak dua detik setelah lap pertama.

Ia langsung melesat dan terus memimpin lomba. Namun, komposisi pebalap mengalami perubahan setelah Bottas dan Hamilton masuk pit stop. Hal itu membuat pebalap Ferrari, Charles Leclerc, yang memulai start dari posisi ke-10 bisa memimpin lomba.

Namun, Leclerc hanya memimpin lomba hingga lap ke-31. Posisi terdepan kembali diambil alih Bottas pada lap ke-32 dan lap berikutnya Leclerc turun ke posisi ketiga karena disalip Hamilton di tikungan pertama.

Sedangkan Vettel Ferrari yang start dari grid ketiga, kesulitan mengimbangi laju duo Mercedes dan jaraknya melebar menjadi sepuluh detik di belakang pemimpin balapan Bottas pada lap ke-10.

Baca juga: Klasemen Sementara F1 Usai GP Cina

Di lap ke-34, Daniel Ricciardo harus mengakhiri lomba lebih cepat dan diikuti Daniil Kvyat setelah keduanya bertabrakan. Tak lama berselang, Romain Grosjean juga gagal menyelesaikan lomba.

Ini adalah keempat kalinya dari empat seri awal musim Formula 1 2019, Mercedes mencatatkan posisi finish 1 dan 2. Gelar juara ini juga merupakan yang kedua bagi Bottas dari empat seri balapan F1 yang telah dilangsungkan. Pembalap asal Finlandia ini sebelumnya juara pada seri pembuka F1 GP Australia.

Hasil GP Formula 1 Azerbaijan

Source Reuters