POPULAR STORIES

GTO Engineering Squalo, Beda Jauh Dari Ferrari 250

GTO Engineering Squalo, Beda Jauh dari Ferrari 250

KabarOto.com - GTO Engineering mengabarkan bahwa project 'hand-build' V12 racikannya bisa menjerit hingga 10.000 rpm. Sedianya bakal disematkan di mobil baru yang diberi nama Squalo. Diklaim Squalo bisa lebih ringan 165 kg dari pesaingnya.

Diyakini menjadi racikan terbaik dekade ini, sebab bobot mobil tak sampai satu ton berkat pemakaian material serba ringan. Sehingga mesin V12 bisa dioptimalkan, terutama pengendara yang gemar mengeksplorasi dengan transmisi manual.

Baca juga: Reinkarnasi Ferrari 250 GTO Moderna, Pabrikan Sudah Buka Pemesanan

GTO Engineering punya tiga kriteria sederhana untuk hadirkan Squalo, namun perlu keterlibatan tim yang matang dan paham akan rancang bangun mobil kencang dan cepat.

Pertama adalah mesin non-turbo V12 punya kekuatan grand tour seganas di lintasan balap. Kedua, membuat mobil seringan mungkin gunakan material pilihan terbaik. Ketiga, gunakan proses pembuatan modern dan material agar mobil bermesin V12 ini benar sesuai.

"Banyak yang menanyakan kesamaan antara Squalo dan mobil 250-series lainnya, dan ini mudah dijawab; tak ada kesamaan. Tak ada komponen yang sama terpakai di keduanya (Squalo dan 250-series), salah satu yang menjadi kunci utama adalah mesinnya," ujar GTO Engineering Managing Director and Founder Mark Lyon.



Dirinya sesumbar sangat mengenal luar-dalam V12 Ferrari, begitupula kemampuan V12 berkapasitas 4.000 cc yang diperkenalkan tahun 1960. "Ini bobotnya hanya 176 kg sudah lengkap dengan starter motor, oli dan tabung filter olinya juga."

Dipastikan GTO Engineering membuat mesin V12 lebih ringan dari mesin modern, bahkan bisa lebih lagi kemampuannya dengan segala pengetahuan yang dimiliki, tenaga diklaim mencapai 460 dk. Setiap bagian dan rancang bangun quad-cam V12 sangat diperhatikan agar mesin untuk Squalo menjadi terbaik yang pernah ada.

Baca juga: Fantastis! Ferrari 250 GTO Ini Laku Rp 707 Miliar



Distribsi bobot Squalo 55/45, ditargetkan memberikan pengendalian menyenangkan. Posisi mesin juga lebih rendah hingga melewati rata lantai mobil. Barang yang berat diletakkan di bagian belakang mobil, seperti tangki bensin, aki, dan penggerak roda belakang juga menjadikan bobot lebih ke belakang.

Sedianya Squalo akan mulai dikirimkan ke konsumen perdana pada 2023.

Berita Terkait

Berita Terkait