Gunung Bromo, Destinasi Indah Favorit Touring Bikers

Gunung Bromo, Destinasi Indah Favorit Touring Bikers Jurnalis kabaroto goes to Jawa Timur dan singgahi Gunung Bromo (Ahmad Djainudin/KabarOto)

KabarOto.com - Gunung Bromo merupakan salah satu gunung berapi aktif yang ada di tanah air. Lokasinya berada di Jawa Timur dan di antara empat kabupaten, Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Malang. Meski berstatus gunung berapi aktif, Gunung Bromo masih menjadi lokasi tujuan wisata dan menjadi tujuan touring para biker Indonesia. Hal itu terlihat ketika Kabaroto melakukan tur Kabaroto Goes to Jawa Timur.

Berada di ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut (mdpl), Gunung Bromo memiliki bentuk tubuh bertautan di antara lembah dan ngarai dengan dikelilingi kaldera atau lautan pasir luas kurang lebih sekitar 5.300 hektar.

Kaldera ini yang membuat Gunung Bromo berbeda dengan gunung gunung berapi lainnya yang ada di Indonesia, dan menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan dan bikers yang sengaja datang ke Gunung Bromo.

kabaroto
Jurnalis kabaroto di kaki Gunung Bromo

Gunung Bromo terkenal karena keindahannya, meski tidak memiliki ukuran besar dibandingkan dengan gunung gunung berapi lainnya. Bromo merupakan icon wisata Probolinggo yang paling sering di kunjungi, sekedar informasi, kata “Bromo” berasal dari kata “Brahma” yaitu salah satu Dewa dalam ajaran Agama Hindu.

Gunung Bromo yang menjadi salah satu destinasi alam di Indonesia ini memiliki beberapa lokasi wisata menarik yang bisa bikers datangi, dan memang masih satu area dengan Gunung Bromo seperti, bukit Teletubies, pasir berbisik, juga beberapa lokasi penanjakan yang ada kurang lebih 3 lokasi penanjakan, (Penanjakan merupakan lokasi di sisi kanan kiri Gunung Bromo yang menghubungkan dengan perkampungan sekitar, dan kita dapat menyaksikan keindahan Gunung Bromo dari ketinggian).

kabaroto
Jurnalis kabaroto dilokasi yang mendekati penanjakan 1