POPULAR STORIES

Hamilton Dan Raikkonen Raih Posisi Start Baris Terdepan GP F1 Italia 2015

Hamilton Dan Raikkonen Raih Posisi Start Baris Terdepan GP F1 Italia 2015 Lewis Hamilton kembali mengawali balapan Formula 1 Gran Premio di Italia 2015 di sirkuit Monza (Foto: Formula1)

Lewis Hamilton kembali mengawali balapan kejuaraan F1 Gran Premio di Italia 2015 di sirkuit Monza dari posisi pertama setelah mengalahkan waktu kualifikasi Kimi Raikkonen dengan selisih 2/10 detik pada hari Sabtu kemarin.

Pole yang diraih oleh Hamilton kemarin merupakan pole ke-7 berturut-turut, pole ke-4 kalinya di sirkuit Monza dan pole ke 11 Hamilton di musim 2015. Raikkonen yang akan start di posisi kedua pada balapan hari minggu ini juga mengalahkan Sebastian Vettel dan Nico Rosberg yang mengisi posisi ke 3 dan 4. Bagi tim Williams, sesi kualifikasi berjalan cukup baik saat Felipe Massa dan Valtteri Bottas berhasil meraih posisi start ke 5 dan 6 diikuti oleh Sergio Perez (Force India), Romain Grosjean (Lotus), Nico Hulkenberg (Force India) dan Marcus Ericsson (Sauber) yang sebelumnya berada di posisi 10 harus rela turun ke posisi start 12 karena menghalangi Nico Hulkenberg saat sesi kualifikasi pertama. Posisinya kemudian digantikan oleh Pastor Maldonado (Lotus).

Kabar buruk untuk Red Bull dan Toro Rosso yang didera oleh masalah teknis juga harus rela turun posisi start karena mengganti komponen unit mesin. Bagi Max Verstappen, kualifikasi di Monza ini adalah kali pertamanya ia mendapatkan hukuman turun posisi karena penggantian 2 komponen pada mesinnya. Pebalap asal Belanda ini juga harus menjalani drive-through penalty di 3 lap pertama balapan setelah komite steward mendapati bahwa dirinya melakukan kualifikasi disaat kondisi jalur sedang tidak aman.

Dari kubu McLaren, Jenson Button dan Fernando Alonso juga mendapatkan hukuman turun posisi start setelah kembali mengganti salah satu komponen mesin dan akan start dari posisi 15 dan 16. Akibat beberapa hukuman yang diberikan kepada pebalap oleh komite steward, posisi start pada GP Formula 1 di sirkuit Monza kini berubah menjadi: Hamilton, Raikkonen; Vettel, Rosberg; Massa, Bottas; Perez, Grosjean; Hulkenberg, Maldonado; Nasr, Ericsson; Stevens, Merhi; Button, Alonso; Sainz, Kvyat; Ricciardo dan Verstappen

Baca Juga: