POPULAR STORIES

Hanya Modal Goceng, Tangki Bensin Motor Selamat Dari Keropos

Hanya Modal Goceng, Tangki Bensin Motor Selamat dari Keropos Gantilah karet tangki bensin yang sudah lama. Bila tidak akan keropos. (Foto: Istimewa)

Benar ngga ya hanya goceng alias Rp5.000, tangki bensin motor bisa selamat dari keropos? Ini jawabnya.

Jawabnya, karet tangki bensin. Yap, Jujur saja komponen yang satu ini pasti tak terlalu dianggap keberadaannya oleh Bro and Sist pemilik kendaraan motor, ya kan? Padahal, fungsinya itu cukup penting lho.

Pernahkah Bro and Sist perhatikan warna cat di sekitar tangki kadang berubah warna seperti berkarat atau keropos? Hal ini terjadi karena usia karet yang udah terlalu lama tidak diganti, sehingga karet sudah tidak berfungsi dengan baik. Alhasil, tutup tangki tidak rapat.

Kalo sudah begini, cat yang terdapat pada bagian lubang tangki pun bisa rusak, air juga nantinya bisa masuk melalui mulut tangki.

"So, Bro dan Sis coba ingat-ingat dulu udah berapa lama usia karet tangki bensin di motor masing-masing. Kalau udah lebih dari setahun, mending diganti deh. Karet tangki yang usianya udah terlalu tua nantinya bisa menjadi keras dan tidak elastis lagi, ujar Bima, dari bengkel dan showroom modifikasi Bim's Airbrush.

Selain dengan penggantian karet tangki, ada kok cara yang lebih murah, Bro and Sist bisa mengakalinya dengan karet tutup bensin motor Vespa, seperti yang tertera pada gambar di atas.

Untuk melakukannya, yang harus Bro and Sist siapkan cuma gunting dan karet tangki milik Vespa. Selanjutnya, ukur aja lubang mulut tangki bensin motor Bro and Sist masing-masing dengan lingkar lubang karet Vespa. Kalo kegedean, lipat karet tangki bensin milik Vespa tadi, dan gunting bagian dalamnya.

Tidak perlu terlalu rapih juga motongnya, usahakan karet yang Bro and Sist potong tidak terlalu lebar dari mulut tangki bensin, agar tidak ada celah. Cara ini sangat murah dan mudah kan?

Jadi cuma modal goceng saja untuk pembelian karet tutup tangki Vespa, brosis juga bisa melakukan sendiri tanpa harus pergi ke bengkel untuk memasangnya. Ingat, mencegah lebih baik daripada mengobati, daripada Bro and Sist nantinya keburu terlanjur ngeluarin uang untuk cat ulang atau tambal tangki yang keropos, tidak ada salahnya Bro and Sist memperhatikan hal-hal kecil yang dianggap sepele seperti ini.

Baca Juga: