POPULAR STORIES

Hari Ini, Polri Kembali Terapkan Rekayasa Lalin Satu Arah

Hari Ini, Polri Kembali Terapkan Rekayasa Lalin Satu Arah Pemberlakuan sistem satu arah oleh Polri (Foto: Antara)

KabarOto.com - Demi mengurai kemacetan di sepanjang tol Trans Jawa, Polri menerapkan rekayasa lalu lintas satu arah dari arah Timur ke Barat (Semarang-Jakarta), Sabtu (29/04/2023) mulai pukul 20.35 WIB. Dari KM 414 Kalikangkung sampai dengan KM 72 Cikampek.

Kemudian, dilanjutkan dengan rekayasa lalu lintas contraflow, mulai KM 72 sampai KM 47 Tol Cikampek. “Rekayasa ini dilakukan guna mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas pada puncak arus balik gelombang kedua,” terang Kabagops Kombes Pol Eddy Djunaedi, dilansir dari NTMC Polri.

Baca Juga: Korlantas Polri Perpanjang Sistem One Way Dari Km 72 Hingga Km 414

Kabagops menjelaskan, sebelumnya Korlantas Polri sudah menerapkan rekayasa lalu lintas satu arah (one way) pada pukul 14.30 WIB, dari KM 188 Palimanan sampai dengan KM 72 Cikampek.

Gerbang tol dipadati pemudik (Foto: NTMC)

Perpanjangan one way dilakukan dengan diskresi kepolisian, melihat data volume arus kendaraan pemudik, yang balik dari Semarang menuju Jakarta. Kemudian dilaporkan terjadi kepadatan oleh anggota di lapangan.

Begitu juga lalu lintas yang terpantau di CCTV Command Center PJR Korlantas Polri di KM 29, dan traffic counting (VCR) perhitungan jumlah kendaraan selama tiga jam berturut-turut.

“Dalam hal terjadi perubahan arus lalu lintas secara tiba-tiba atau situasional, Kepolisian dapat melaksanakan manajemen operasional berupa diskresi," tambahnya. Akan diinformasikan jika ada perubahan dalam pelaksanaan dilapangan.

Baca Juga: Korlantas Polri Siapkan Contraflow 3 Lajur Mulai KM 42 Sampai 72

Korlantas Polri mengimbau kepada para pemudik agar selalu mengutamakan keselamatan, jaga kecepatan, isi saldo e-toll, gunakan rest area dengan bijak dan selalu ikuti arahan petugas di lapangan.