Hasil F1 Turki 2020: Podium Spesial Sebastian Vettel Di Istanbul

Hasil F1 Turki 2020: Podium Spesial Sebastian Vettel di Istanbul

KabarOto.com - Jelang pamit dari Ferrari, Sebastian Vettel akhirnya mendapatkan podium pertamanya di musim 2020. Setelah penantian 14 seri akhirnya menghirup udara segar dari podium posisi tiga di F1 Turki 2020, Minggu (15/11).

Kondisi lintasan basah akibat diguyur hujan sepanjang balapan membuat strategi tim Scuderia Ferrari berhasil mengantarkan pembalapnya naik podium. Vettel mengambil kesempatan dari Charles Leclerc yang gagal menyerang Sergio Perez (BMW Racing Point) di posisi dua.

Baca juga: Lewis Hamilton Raih Juara Dunia Tanpa Selesaikan Musim 2020

Puasa panjang Sebastian Vettel musim 2020 berakhir di podium



Vettel yang start dari posisi sebelas mengungkapkan bahwa di balapan apapun bisa terjadi. Sepertinya di sirkuit Istanbul Park One menjadi hal spesial. Karena dirinya mengawali karir awal musim dimulai di sini dan kembali digelarnya F1 Turki ini menjadi jawaban atas sulitnya lalui musim F1 2020. "Saya bisa menjaga jalannya balapan hingga finis di podium untuk kali pertama."

Pembalap bernomor mobil 5 ini mengakui jalannya balapan sangat luar biasa. Laju mobil sangat bagus dan membelah lintasan basah. "Saya mendapat cengkeraman. Kemudian beralih ke intermediate, saya sedikit kesulitan."

Pilihan ban Intermediate berawal cukup sulit bagi Vettel



Faktanya memang lintasan sudah tak banyak genangan, sehingga bisa membantu laju mobil untuk lebih dekat melihat persaingan Charles dan Perez. Kesempatan diraih Vettel ketika Leclerc melakukan pengereman kuat di tikungan 12.

"Turut menyesal dengan yang terjadi pada Leclerc dan saya bisa memahami pasti dirinya marah mengalami kejadian ini. Melihat segala hal, saya seperti melihat diri sendiri terhadapnya," jelas pembalap Jerman ini.

Charles Leclerc berksesmpatan naik podium 2, tapi gagal



Sementara itu Leclerc mengakui sangat kesal dengan apa yang terjadi. Dirinya terlalu memaksa di beberapa tikungan terakhir dan sulit untuk dijelaskan, "Karena akhirnya hasil seluruhnya dihitung."

Dirinya mengisahkan lalui start yang buruk dari bagian lintasan penuh percikan air. Namun berlanjut dengan posisi bisa meningkat cepat dan mampu mengejar pembalap barisan tengah.

Baca juga: Peugeot 205 GTi yang Legendaris Bakal Diproduksi Kembali

Charles Leclerc lalui strategi dengan tepat



"Tapi kemudian saya menyia-nyiakan semuanya di akhir balapan," pungkas Leclerc yang meminta maaf kepada tim. "Bangga dengan Vettel dirinya lalui musim sulit dan patut meraih podium pertama ini."

Di F1 Turki ini menjadi podium ke-121 bagi Vettel dan 55 kali selama bersama Ferrari.