POPULAR STORIES

Hasil Kualifikasi MotoGP Qatar 2022: Jorge Martin Raih Pole Position

Hasil Kualifikasi MotoGP Qatar 2022: Jorge Martin Raih Pole Position Foto: MotoGP

KabarOto.com - Jorge Martin (Pramac Racing) menjadi yang tercepat di sesi kualifikasi seri pembuka MotoGP 2022 yang digelar di sirkuit Losail, Qatar, Sabtu (5/3). Dirinya mampu torehkan waktu 1:53,011 detik.

Motor Ducati Desmosedici GP22 bernomor 89 yang dikendarai pembalap asal Spanyol tersebut akan start dari pole position pada hari Minggu, (6/3).

Baca juga: Jadwal MotoGP Qatar 2022, Marc Marquez Siap Bangkit

Enea Bastianini

Adapun pembalap tercepat kedua pada sesi kualifikasi adalah Enea Bastianini (Gresini Racing), hanya terpaut 0,147 detik dari Martin. Sementara Marc Marquez (Repsol Honda) di posisi tiga bubuhkan waktu 1:53,283 detik.

Di parc ferme Marquez mengatakan senang bisa kembali lagi di baris terdepan. Sejak awal latihan sudah bagus hasilnya. Kemudian di qualifikasi harus melihat beberapa pembalap sebagai referensi untuk mendapatkan lap terbaik.

"Kita bisa dapat barisan terdepan, Sabtu ini memang penting, tapi balapan yang menentukan," ujar Marquez.

Adapun Bastianini torehkan waktu 1:53,158 detik di kualifikasi, padahal sesi latihan sebelumnya hanya bertengger di sepuluh besar.

Marc Marquez



Pembalap asal Italia ini senang karena kali pertama ini start dari baris terdepan. Mengakui sangat sulit bisa terlibat hingga sesi kualifikasi kedua. "Pastinya membuat tim senang dan juga Fausto (mediang pendiri tim Gresini). Di sektor terakhir saya lakukan kesalahan tapi catatan waktunya bagus. Sepertinya balapan nanti bisa bersaing untuk podium. Tapi kita lihat nanti," ujar pembalap bernomor 23 ini.

Sementara itu Jorge Martin pemegang Pole Position yang memang sudah sangat agresif sejak sesi latihan hari Jumat, mengungkapkan sangat puas bisa kembali lagi berada di baris terdepan memimpin balapan.

Baca juga: Jelang MotoGP Qatar 2022: Brembo Siapkan Cakram 355 MM

Martin melihat dari data bahwa kecepatan balapan masih banyak ruang untuk penyempurnaan mempercepat motor sepersekian detik. "Senang dengan performa motor dan kerja keras tim. Balapan akan start dari pole position, akan berusaha menjaga performa ban dan memahami jalannya balapan karena banyak pembalap sangat cepat. Kita akan balapan untuk raih kemenangan," tegas pembalap yang menang sekali di MotoGP Styria 2021.

Sementara itu Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) yang tahun lalu pemegang rekor kualifikasi (1:52,772 detik), musim pembuka ini di Losail hanya di posisi sembilan tercepat, terpaut 0,4 detik dari Martin.