POPULAR STORIES

Headlamp Mobil Anda Kuning Dan Buram? Tengok Cara Membersihkannya

Headlamp Mobil Anda Kuning dan Buram? Tengok Cara Membersihkannya Headlamp dengan kaca kuning dan buram dapat dibersihkan. (Foto: Dok turtlewark.co.id)

Headlamp mobil Anda kuning dan buram? Jangan risau untuk membersihkannya. Yuk simak bagaimana cara membersihkan headlamp mobil tersebut.

Seiring dengan bertambahnya usia mobil, seiring juga kaca headlamp mobil Anda mulai kuning dan buram. Sebenarnya problematika ini dapat dibersihkannya sendiri di rumah, asalkan mengetahui tehniknya.

Menurut Asep Motor, headlamp mobil depan dapat bening kembali. Di sini ada beberapa tahap langkahnya. Pertama, sebaiknya Bro and Sist benar-benar mengetahui titik masalahnya, apakah disebabkan akibat debu atau karena adanya goresan atau pun akibat dari oksidasi sehingga kaca mobil mudah berkabut, kusam dan buram? Bersihkan kaca lampu depan Bro and Sist dengan mencucinya terlebih dahulu. Gunakan air hangat untuk membersihkannya. Gunakan shampo atau sabun khusus cuci mobil. Usai ini keringkanlah yang benar-benar kering, saran, gunakan kain mikrofiber.

Langkah selanjutnya yang kudu diperhatikan adalah mengamplas. Setelah dibersihkan, mulailah untuk mengamplas dengan menggunakan amplas bertekstur lebih kasar terlebih dahulu. Kemudian ganti dengan amplas halus. Perhatikan dengan seksama, apakah kaca sudah bersih? Bila sudah bersih, hentikan amplas tersebut. Atau Bro and Sist juga dapat melepas plastik lampu depan.

Selanjutnya, Bro and Sist juga dapat menggunakan kompon atau pasta gigi. Oleskan secara merata salah satu dari bahan tersebut pada lampu mobil Bro and Sist. Olesan itu harus rata, Bro and Sist boleh memakai tangan untuk mengoles tersebut. Usai itu, pergunakan kanebo ataupun kain mikrofiber untuk membersihkan lampu baik dari kompon maupun dari pasta gigi. Setelah dilap, Bro and Sist dapat membilasnya dengan air bersih lalu keringkan hingga benar-benar kering.

Tahap selanjutnya yakni, kini saatnya periksa kondisi kaca lampu depan mobil Bro and Sist. Perhatikan baik-baik, pastikan semua kotoran dan noda kuning sudah bersih dari kaca mobil Anda. Anda juga dapat mengeceknya dengan cara menyalakan headlamp mobil Anda dan mengatur arah sorotannya. Contohnya ke tembok garasi dan ke permukaan datar lainnya. Jika Bro and Sist merasa hasilnya belum maksimal, Bro and Sist dapat mengulangi tahap di atas hingga 2 kali.

"Itulah secuil tips tentang membersihkan headlamp mobil depan dengan baik dan benar," ujar Asep Motor yang beralamat di wilayah Depok, Jawa Barat.

Baca Juga: