Hebat, Tahun 1958 Mobil GAZ-69 Taklukkan Gunung Api Jawa

Abdi Kurniawan
Abdi Kurniawan 27 Jun 2015 - 06:52
Hebat, Tahun 1958 Mobil GAZ-69 Taklukkan Gunung Api Jawa
Mobil GAZ buatan Rusia yang dapat taklukan Gunung Api Jawa tahun 1958

Hal inilah yang diamini oleh Mikhail Tsyganov alias Mike, wartawan Rusia yang menetap di Indonesia. Mobil GAZ-69 miliknya tahun 1958 telah taklukkan gunung api Jawa. Berikut kisah Mike.

Mike telah sepuluh tahun menetap di Negeri Tercinta ini. Ia lulusan Institut Negara Asia dan Afrika, Universitas Negeri Moskow jurusan Sejarah Indonesia. Hampir setengah abad ia menginjakan kedua kakinya ini di Indonesia. Saat ini ia ingin berbagi cerita dengan pembaca kabaroto.com. Iya, ia ingin utarakan perihal kendaraan Rusia GAZ-69 yang pada 1958 telah menjelajah 4.000 kilometer di hamparan pasir dan gunung berapi Pulau Jawa selama 50 hari.

Seperti yang diberitakan indonesia.rbth.com, saat ia bergelut dengan kertas-kertas peninggalan ayahnya yang merupakan seorang ahli sejarah modern Indonesia dari Rusia dan telah bekerja di Indonesia selama lebih dari sepuluh tahun. Disaat itulah ia menemukan tumpukan foto pudar yang telah berumur lebih dari setengah abad.

Walau tidak bisa bertanya lebih detail mengenai foto itu kepada siapa pun, ia masih ingat cerita-cerita beliau dan tulisan yang tertera di balik foto-foto itu, yang akan ia tulis dengan cetak tebal. Di dalam foto-foto tersebut, ada mobil penjelajah (off-road) hasil modifikasi keluaran Gorkovsky Avtomobilnyi Zavod (pabrik mobil di kota Gorky) buatan tahun 1953 sampai 1955 yang bernama GAZ-69. Walau yang beredar di Indonesia itu mobil sama, tetapi diproduksi pada tahun 1954-1972 oleh pabrik mobil Ulyanovsk dengan nama UAZ-69, mobil tersebut juga biasanya dikenal di Indonesia sebagai GAZ-69.

Bagaimana mobil ini dapat hadir di belahan bumi yang sangat jauh dari negara asalnya pada lebih dari setengah abad yang lalu? Awalnya, mobil ini hadir di Indonesia saat Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI) baru saja dibentuk. ABRI membutuhkan kendaraan yang bersahaja dan tidak mencolok yang mampu melewati segala medan. ABRI mengadakan uji coba beberapa kendaraan, antara lain GAZ-69, kendaraan buatan dua perusahaan Inggris yakni Austin Gipsy dan Land Rover, dan dua perusahaan Jerman yakni DKW dan Steyr Daimler Puch.

Mobil-mobil tersebut diminta mengelilingi Jawa sebanyak dua kali dalam perlombaan selama 50 hari dengan jarak 4.000 kilometer. Perlombaan itu disebut sebagai ‘uji coba terbesar dan terberat untuk mobil-mobil Eropa yang pernah ada di Indonesia’ oleh salah satu koran Indonesia. Medan yang dilalui sangatlah sulit. Mobil-mobil itu berkeliling di tengah pasir vulkanik hitam pesisir Jawa, memanjat hutan di sekeliling gunung berapi dan cukup sering tidak diizinkan berhenti selain mengisi bahan bakar, memberi pelumas dan pergantian pengemudi. Selain itu, kondisi pada waktu itu sangat berbahaya karena sepertiga Jawa Barat dikuasai oleh kelompok Darul Islam yang setahun sebelumnya mencoba membunuh Bung Karno, namun gagal.

Bro and Sist, mari kita tengok beberapa foto-fotonya.

Baca Juga: