Hindari Beberapa Aksesoris Mobil yang Membahayakan Keselamatan

Alif Sowandono
Alif Sowandono 04 Sep 2015 - 07:10
Hindari Beberapa Aksesoris Mobil  yang Membahayakan Keselamatan
ilustrasi aksesoris bahaya (foto: istimewa)

Menambahkan beberapa aksesoris pada mobil memang dapat membuat tampilan menjadi lebih keren dan bagus. Namun jangan sampai aksesoris mobil yang dipasang atau digunakan di dalam mobil dapat membahayakan diri kita sendiri seperti terjadinya kecelakaan.

Untuk dari itu kalian mesti hati hati dengan beberapa aksesoris yang dipasang di mobil. Ini beberapa aksesoris mobil yang dapat membahayakan pengemudi mobil tersebut yang di rangkum dari toyota.astra.co.id

Screen Capture toyota.astra.co.id

1. Bull Bar (Bemper Tanduk)

Bull Bar merupakan aksesoris bemper yang berbentuk tanduk dan mempunyai manfaat melindungi mobil kita dari tabrakan. Bull Bar biasanya digunakan untuk mobil di daerah yang bersalju karena berfungsi untuk menghalau gundukan salju yang menghalangi bagian depan.

Jika aksesoris ini dipasang untuk mobil dalam kota tentu saja mengundang resiko yang sangat besar. Bayangkan jika mobil menyenggol kendaraan lain akan dapat merusak bodi mobil yang parah ataupun menabrak manusia dapat menyebabkan cidera yang parah atau bisa mengakibatkan meninggal dunia.

2. Forklift Knob (Pemutar Stir)

Forlkift Knob biasanya dipasang pada lingkar kemudi dengan tujuan memudahkan pegendalian obil ketika memutar stir dalam jumlah banyak. Namun sebenarnya aksesoris ini dapat membuat pengendalian pengemudi tak sepenuhnya di kedua tangan. Ini berbahaya jika terjadi situasi darurat karena akan menyebabkan kecelakaan yang fatal.

3. Pedal Set

Memodifikasi mobil memang kebemaran para pemilik mobil ingin tampilannya interior bergaya sporty. Salah satu yang biasa dilakukan adalah mengganti pedal set ( gas,rem,dan kopling ). Ini sangat berbahaya jika pedal tersebut terbuat dari plat/stainless karena permukaannya licin,apalagi jika dalam kondisi basah.

4. Lampu

Lampu merupakan onderdil yang sangat vital dalam sebuah mobil tentunya. Warna lamupu telah dibuat standar oleh pabrikan yang memacu pada standar keselamatan yang berlaku secara universal di seluruh dunia. Jangan pernah melakukan perubahan terhadap warna warna lampu tersebut karena dapat menyebabkan kesalah pahaman dari pengguna jalan lain. Ini sangat berbahaya bagi diri kalian dan para pengguna kendaraan lainnya. Itu semua aksesoris yang berbahaya bagi keselamatan diri kita . Semoga bermanfaat

Baca juga: