POPULAR STORIES

Honda Buat Terowongan Angin Untuk Kendaraan Masa Depan

Honda Buat Terowongan Angin untuk Kendaraan Masa Depan

KabarOto.com - Meningkatkan kualitas mobil yang dihadirkan oleh manufaktur Honda, awal pekan ini memperkenalkan terowongan angin yang diklaim paling canggih. Menjadi bagian dari fasilitas terbaru di Honda Automotive Laboratories of Ohio (HALO).

Adapun HALO ini berlokasi di independent Transportation Research Center Inc. (TRC) di Central Ohio. Terowongan angin ini tersebut dibagi tiga fungsi pengetesan berupa aerodinamika, Aeroacoustics, dan balapan - langsung di satu lokasi.

Baca juga: Jutaan Mobil Honda Dilaporkan Mengalami Masalah Pengereman

Bisa juga untuk Aeroacoustics



Fasiiltas HALO yang bisa digunakan untuk berbagai hal ini sebagai bagian dari komitmen, mengembangkan kendaraan yang lebih irit penggunaan bahan bakar atau energi dan juga menyenangkan dikendarai.

Melalui sistem lima belt rekayasa jalan raya didesain untuk pengembangan kendaraan produksi. Kemudian yang kedua adalah sistem wide-belt tunggal, di mana khusus untuk pengembangan sports car dan mobil khusus balap. Dikabarkan bahwa embusan anginnya bisa disetarakan melaju hingga 305 kpj.

Ada pengembangan sports car dan mobil khusus balap



Kelebihan lainnya terowongan angin adalah bisa mendeteksi kebisingan embusan angin dengan memantau gunakan mikrofon dan kamera, bisa secara langsung mengumpulkan data dan mengukur secara presisi. Hal ini penting karena Honda juga berkepentingan masa depan kendaraan listrik.

Bilah terowongan angin



Yup, keberlanjutan Honda dalam menghadirkan kendaraan listrik, bagaimana cara mereduksi suara dengan tidak adanya deru mesin, tentunya sangat penting kabin bisa lebih kedap. Terowongan ini bisa berputar hingga 360 derajat. Lubang kipas sebesar 8 meter dengan 12 bilah terbuat dari serat karbon.

Dinding pengubah suhu untuk terowongan angin

Embusan bisa disetel suhu 10-50 derajat celcius. Cukup 250 rpm embusan angin bisa setara 310 kpj, berkat motor listrik berkekuatan 5 megawatt setara 6.700 dk.

Baca juga: Lagi, Honda Civic Type R Pecahkan Rekor Waktu Tercepat di Sirkuit The Bend Australia

"Adanya fasilitas ini, Honda tak sekadar investasi dalam fasilitas teknologi tapi juga untuk masa depan para ahli Honda dan juga peneliti lainnya yang akan terlibat di sini," yakin Jim Keller, executive vice president of Honda Development & Manufacturing of America, LLC (HDMA).

Bisa berputar hingga 360 derjat



Diharapkan fasilitas terowongan angin HALO bisa digunakan hingga 40 tahun ke depan. Diyakini untuk invetasi terowongan angin tersebut menelan biaya hingga $124 juta atau setara Rp 1,779 triliun.

Berita Terkait

Berita Terkait