POPULAR STORIES

Honda CBR 150R Kehilangan Tenaga Pakai Shell V-Power, Ini Penyebab Dan Solusinya

Honda CBR 150R Kehilangan Tenaga Pakai Shell V-Power, Ini Penyebab dan Solusinya Honda CBR 150R (istimewa)

Kabaroto.com - Terdapat satu kasus di mana motor Honda CBR 150R mendadak kehilangan tenaga setelah ganti bahan bakar dari Pertamax ke Shell V-Power. Lantas, apa penyebabnya?

Permasalahan ini diungkap oleh pemilik motor Honda CBR 150R bernama Dimas Drajat. Dia baru membeli motor tersebut sekitar tiga bulan lalu. Setelah menggunakan Shell V-Power, motornya mendadak kehilangan tenaga.

Baca Juga:

"Saya tak pernah mengalami masalah saat menggunakan Pertamax. Demi meningkatan performa motor, saya mengganti bahan bakarnya menjadi Shell V-power," ungkap Dimas kepada kabaroto.

"Namun, yang terjadi justru tenaga motor malah hilang. Sudah seminggu ini motor saya pakai malah makin tidak nyaman. Tenaga makin berkurang," dia menambahkan.

Terkait masalah ini, seharusnya tenaga motor makin bertambah ketika menggunakan Shell V-Power. Itu karena Shell V-Power memiliki oktan 95, lebih tinggi dibandingkan dengan oktan Pertamax yang hanya 92.

Dengan nilai oktan lebih tinggi, seharusnya pembakaran motor lebih sempurna, sehingga membuat tenaga motor menjadi lebih besar dan tarikan motor menjadi lebih enteng.

Boleh jadi, penurunan performa motor CBR 150R milik Dimas disebabkan karena BBM tersebut terkontaminasi dengan zat lain, dengan kata lain tercampur dengan air. Sebaiknya dilakukan pengecekan di area tangki dan fuel pump.