POPULAR STORIES

Honda CBR1000RR-R Fireblade SP, Tunggu Juni 2020

Honda CBR1000RR-R Fireblade SP, Tunggu Juni 2020 Sumber: Honda

KabarOto.com – Motor berkapasitas 1.000 cc terbaru Honda diperkenalkan kepada konsumen yang ingin adrenalinnya lebih tergali, Honda CBR1000RR-R Fireblade SP. Ada aroma MotoGP di motor ini yang juga disiapkan berspesifikasi tempur FIM Superbike World Championship.

Soal nama CBR1000RR-R memang ada penambahan satu huruf R lagi jika dari generasi sebelumnya, karena konsep kali ini jauh lebih kental aura balap berkat keterlibatan Honda Racing Corporation (HRC). wujud asli tampil di EICMA, di Milan, Italia, (5-10/11).

Model ini juga mengusung lekukan baru yang lebih sporty dari sebelumnya, lekukan fairing barunya punya DNA MotoGP lebih kental lengkap dengan winglet baru, ukurannya juga lebih membesar sehingga memberi gaya tekan aerodinamika ke bawah lebih besar. Karena guna mengimbangi mesin bertenaga luar biasa, sangat memungkinkan ban depan motor mengangkat atau wheelie.

Baca Juga : Ini Pemilik Honda CBR1000RR SP Pertama Di Indonesia

Lalu, desain lekukan lampu sekarang dibuat lebih sipit dari sebelumnya, dilengkapi lubang udara pada bagian tengah. Selain itu frame model berlian terbaru berbahan alumunium juga mengusung bahan yang dinilai lebih kuat dan ringan.

Kabarnya, mesin 1.000 cc, DOHC, 4 silinder segaris, 16 katup, berpendingin cairannya mampu memproduksi tenaga lebih besar. Klaim mencapai 218 dk pada 14.500 rpm dan torsi maksimum 113 Nm. Penataan pada ruang bakar dan minim friksi komponen menjadikannya mesin terkuat hingga sekarang. Knalpot standarnya sendiri sudah menggunakan garapan Akrapovic.

Asyiknya lagi, seperti biasanya juga, varian SP memang jauh lebih premium sebab sudah menggunakan suspensi Ohlins NPX S-EC dan TTX-36 S-EC, dan juga rem depan Brembo Stylema. Sementara versi standarnya memakai Showa BPF dan BFR-C, untuk rem depan dari Nissin.

Honda Selectable Torque Control (HSTC) yang telah disempurnakan merupakan senjata utama agar CBR1000RR-R Fireblade SP kian jinak di tangan pengendaranya. Penyesuaian Start Mode dengan Power, Engine Brake, dan Wheelie Control sudah dikemas menjadi satu di fitur tersebut.

Motor ini sebenarnya sudah dites juga oleh Marquez pada bulan Agustus lalu di Sirkuit Catalunya. Tapi bagi yang ingin menebusnya akan dilepas bulan Juni 2020. Perihal harga akan kami kabarkan secepatnya kepada sobat KabarOto begitu dirilis harga resmi dari Honda!