POPULAR STORIES

Honda Mobilio Dan Honda Jazz Dominasi Pencapaian PT HPM

Honda Mobilio dan Honda Jazz Dominasi Pencapaian PT HPM Honda New Mobilio RS merupakan unit mobil Honda yang ke -1 juta unit (foto: istimewa)

Awal tahun ini pabrik PT Honda Prospect Motor (HPM) di Karawang, Jawa Barat berhasil mencapai angka produksi satu juta unit. Honda Mobilio edisi tahun 2017 warna oranye pada model RS merupakan unit mobil Honda ke-satu juta unit dan sudah diproduksi secara lokal di pabrik yang berlokasi di Karawang, Jawa Barat. Marketing & After Sales Service Director PT HPM, Jonfis Fandy mengatakan, dari pencapaian itu Honda Jazz dan Mobilio paling mendominasi diantara model lain seperti BR-V, HR-V, Brio Satya, Brio RS dan CR-V. Pencapaian Honda Jazz sekitar 27 persen dan di peringkat kedua Mobilio sekitar 17 persen.

Pabrik pertama HPM beroperasi pada Februari 2003 dan pabrik kedua pada Januari 2014. Total kapasitas produksinya maksimal 200.000 unit per tahun, dengan kandungan lokal hingga maksimal 87 persen. HPM juga telah mengekspor komponen-komponen seperti engine block dan cylinder head dari beberapa model seperti Jazz, Mobilio, CR-V, dan lain-lain ke 12 negara di Asia seperti Thailand, Malaysia, Pakistan, Turki, Filipina, Vietnam, Taiwan, Jepang, Meksiko, Brazil, India serta Argentina.

Dalam waktu 5 tahun ke depan HPM juga akan menambah kapasitas produksi dengan investasi sekitar Rp 4,8 triliun. Penambahan ini ditargetkan dengan beberapa pertimbangan khususnya melihat sektor ekonomi Indonesia yang akan membaik dalam 5 tahun ke depan. Menurut Presiden Direktur HPM, Tomoki Uchida, di Karawang, Senin (27/2/2017), kapasitas mesin akan ditingkatkan dari 225 ribu menjadi 300 ribu unit per tahun di akhir 2019, untuk kapasitas frame line dari 120 ribu menjadi 180 ribu unit per tahun pada April 2021, dan PO Injection dari 2.800 menjadi 4.200 per hari pada Maret 2022.