Honda Siap Mengikuti Kegiatan Balap Dunia, Simak Jadwalnya

Honda Siap Mengikuti Kegiatan Balap Dunia, Simak Jadwalnya Sa;ah satu mpbil Honda yang siap tampil di ajang balap dunia (Foto: Honda)

KabarOto.com - Honda Motor Co., Ltd. siap mengikuti kegiatan balap dunia dalam beberapa tahun mendatang. Mereka tengah mempersiapkan Honda Civic Type R-GT Concept, yang akan digunakan pada balap Super GT Series tahun 2024.

Selain Super GT Series, Honda Civic Type R generasi terbaru, juga akan mulai digunakan di ajang balap Touring Car Series (TCR) tahun 2023.

Baca Juga: Catatkan 61.025 Unit, Honda Brio Jadi Penyelamat Penjualan HPM

TDalam waktu dekat, Honda juga bakal memperkenalkan generasi terbaru Honda Civic TCR, untuk digunakan di FIA World Touring Car Cup (WTCR) 2023.

Koji Watanabe, President dan CEO HRC mengatakan, pihaknya bangga, untuk pertama kalinya menggunakan Type R, sebagai mobil balap terbaru mereka. Honda Honda Civic Type R-GT Concept, yang akan mulai digunakan di ajang balap Super GT Series tahun 2024,” terangnya dalam keterangan resmi.

Pada awal tahun 2023 ini, Honda melalui Honda Racing Co., Ltd (HRC), juga telah mengumumkan program balap di tahun 2023.

Akan terus memperkuat operasional serta kapabilitas motorsport, dengan terus berpartisipasi di berbagai kejuaraan ajang balap roda empat, serta roda dua tingkat internasional.

Formula 1 pada musim 2023, Honda dan HRC masih akan mensuplai power unit Red Bull Powertrains (RBPT) untuk Red Bull Group.

Tim Red Bull Racing akan meluncurkan mobil balap terbarunya pada tanggal 3 Februari 2023 mendatang. Sementara tim Scuderia AlphaTauri pada 11 Februari 2023.

Selain itu, Honda akan terus mendukung bakat anak-anak muda asal Jepang, yang mempunyai keinginan berjuang serta bersaing di kejuaraan balap mobil tingkat dunia, melalui Honda Performance Development Academy Program.

Pabrikan asal Jepang ini ertekad, untuk kembali meraih bibit pembalap unggul di ajang FIA Formula 2 Championship (F2), Ayumu Iwasa akan kembali berlomba pada musim balap 2023 ini.

Selain F2, berharap dapat menjaring bibit pembalap unggulan dari balapan lainnya, mengikuti jejak Yuki Tsunoda yang berlaga di F1 bersama tim Scuderia AlphaTauri sejak tahun 2021.

Selain itu, melalui Honda Performance Development (HPD) akan meneruskan partisipasinya, di balap IMSA SportsCar Championship.

Menggunakan mobil balap Acura ARX-05 di kelas Daytona Prototype International (DPI), dan Acura NSX GT3 Evo di kelas GT Daytona (GTD Pro / GTD).

Baca Juga: SUV Terbaru Honda Bakal Pakai Mesin Honda City?

Selain itu, Honda dan HPD juga masih akan memasok mesin balap Honda untuk 6 tim (total 17 mobil), untuk berlaga di balapan IndyCar® Series tahun 2023.

Honda masih berpartisipasi di ajang balap Super GT Jepang, mengandalkan mobil balap Honda NSX-GT Type S.