Hyundai Kona Electric, Menembus Batas Mobil Listrik

Hyundai Kona Electric, Menembus Batas Mobil Listrik Penulis: Filda Cholifah/KC

KabarOto.com - Perusahaan asal Korea Selatan SUV bertenaga listrik buatannya, Hyundai Kona Electric, telah berhasil mendapatkan rekor dunia baru tahun 2020. Hal tersebut dilakukan pada 8 Januari.

Kona sebagai mobil listik yang masih mampu melaju meski di ketinggian 5.731 Meter di atas permukaan laut, tepatnya di Sawula Pass, Tibet.



Ekpedisi yang dilakukan oleh Hyundai Motor India ini berhasil mengalahkan catatan rekor yang telah diraih sebelumnya yaitu 5.715 mdpl oleh mobil sport Nio ES8 buatan Tiongkok pada September 2018.

Prestasi pada mobil ini telah membuktikan dirinya sebagai kendaraan bertenaga listrik yang andal dalam berbagai kondisi. Kona Electric tampil sebagai SUV yang mampu mengadang berbagai cuaca buruk seperti suhu rendah, bahkan di salju yang memiliki landasan es. Dikarenakan mobil ini memiliki Electronic Stability Control (ESC) yang dapat memastikan stabilitas kendaraan di setiap kondisi jalan.

“Hyundai Kona Electric mencatat prestasi Guinness World Records menjadi gengsi tersendiri yang sangat membanggakan bagi semua orang dan prestasi luar biasa untuk HMIL. Kona Electric telah membawa revolusi listrik dengan mendobrak mitos tentang keterbatasan kendaraan listrik dan wujud nyata dari semangat Hyundai untuk tetap unggul. Di bawah Emission Impossible Mission, Kona Electric telah membuktikan keberaniannya di medan terberat di dunia tanpa mengorbankan kinerjanya,” kata S S Kim, MD & CEO, Hyundai Motor India.



Mobil listrik Hyundai Kona ini dibekali baterai 39,2 kWh yang mampu menempuh jarak hingga 452 kilometer dalam sekali pengisian. Selama perjalanan untuk mecapai puncak Sawula Himal, Kona Electric ini dibekali oleh alat pengisian portabel. Saat turun, mobil ini mengandalkan energi regeneratif yang bisa menghasilkan listrik ketika deselerasi.

“Sebuah catatan baru telah ditetapkan - Ketinggian Tertinggi yang dicapai dengan mobil listrik. Saya ingin mengucapkan selamat kepada Hyundai Motor India karena pencapaiannya dan menetapkan tolok ukur baru dalam catatan sejarah," kata Rishi Nath, Adjudicator, GUINNESS WORLD RECORDS ™.

Perihal keseruan Hyundai KONA menembus batas kemampuan mobil listrik, bisa disaksikan di Discovery Channel pada 26 Januari mendatang.

Berita Terkait

Berita Terkait