POPULAR STORIES

Hyundai Veloster N Bertransmisi Baru, Tantang Penggila Kecepatan

Hyundai Veloster N Bertransmisi Baru, Tantang Penggila Kecepatan

KabarOto.com - Bagi penggemar adrenalin jalan raya di Amerika Serikat, Hyundai Motor Company, awali pekan ini, Senin (20/4), memperkenalkan Hyundai Veloster N dengan transmisi baru.

Yup, Hyundai pastinya mengklaim transmisi terbarunya bisa memenuhi kebutuhan pengendarannya, bisa buat santai serta sigap untuk melesat bergegas. Hyundai menyebutnya All-New N 8-Speed wet dual-clutch transmission (N DCT).

Pengembangan N DCT ini dikabarkan akselerasi layaknya gunakan perpindahan manual, namun dengan kenyamanan transmisi otomatis. Cukup mengagumkan, 0-100 kpj hanya perlu waktu 5,6 detik.



Teknologi yang disematkan pada N DCT adalah adanya electronic actuator yang mengoperasikan kopling ganda tersebut, menyajikan kenyamanan, lebih efisien dan paling penting kesenangan berkendara.

Hundai memastikan N DCT tak seperti DCT lainnya, sebab aplikasi pelumasan dan sistem pendinginan yang biasanya digunakan untuk mengimbangi torsi besar.

Seperti di video game, ada N Grin Shift (NGS) yang mampu meningkatkan torsi hingga 7 persen dari 353 Nm menjadi 377,5 Nm. KEmudian turbocharger juga bisa overboost dan memaksimalkan respon transmisi hingga 20 detik.



Selain itu ada fitur N Power Shift (NPS) akan bereaksi ketika mobil dipaksa berakselerasi dengan menekan penuh peda gas lebih dari 90 persen.

Fitur bantuan lainnya yang membuat Veloster N makin beringas adalah N Track Sense Track (NTS) yang akan melihat kondisi permukaan jalan dan mengoptimalkan kedinamisan berkendara, aktif otomatis. Memilih gigi yang tepat dan perpindahan cepat layaknya pembalap profesional.

Fitur lainnya yang diperbarui adalah Rev Matching, Launch Control and Overboost. Veloster N juga punya transmisi pintar, andaikan perlahan lewati turunan, akan melakukan engine brake. Hal ini guna mengurangi terlalu panasnya cakram menahan laju kendaraan.



Pendukung lainnya di dalam kabin Veloster N adalah N Light Sport Bucker Seat. Diklaim sangat lembut, bahan layaknya suede Alcantara, tapi tetap membuat posisi berkendara tak bergeser ketika mobil bermanuver. Bobotnya lebih ringan 2 kg dari versi standar.

Veloster N yang dikembangkan di fasilitas R&D di Korea dan performanya dikembangkan di pusat pengetesan di dekat Nurburgring, Jerman. Sedianya dijual penghujung bulan April ini di Korea Selatan, negara lainnya akan segera hadir.