POPULAR STORIES

Ikuti Langkah Berikut Sebelum Belajar Mengemudi

Ikuti Langkah Berikut Sebelum Belajar Mengemudi Anda harus mengenali fungsi-fungsi utama dalam menggerakkan mobil (Foto: Istimewa)

Bro and Sist belum bisa mengendarai mobil, dan ingin sekali menyetir? Ada beberapa langkah yang harus dipelajari bagi pemula yang akan belajar mengemudi. Seperti apakah langkah yang harus diperhatikan sebelum belajar mengemudi?

Media online Kabaroto berbagi informasi dari Sekolah Mengemudi Sinar Putra Mahreza di Bandung, Jawa Barat untuk Anda yang ingin belajar mengemudi. Yuk simak langkahnya,

Pertama Anda harus mengenali fungsi-fungsi utama dalam menggerakkan mobil, hal ini bisa berbeda pada tiap-tiap mobil akan tetapi sebagian besar memiliki kesamaan seperti letak gas, rem tangan, kopling, sabuk pengaman, klakson, pedal dan lain-lain. Selain pecinta otomotif tahu letak alat-alat pengendali tersebut, pecinta otomotif juga harus tahu cara mengoperasikan pedal, gas, rem, kopling dan lain-lain tadi bagaimana cara menggunakannya. Intinya kenali alat-alat penggerak dalam mobil Anda agar memudahkan Anda belajar mengemudi.

Kedua sebelum belajar mengemudi, pastikan mobil yang Anda gunakan dalam kondisi yang prima misalnya pada gas, rem, ban, klakson dan lain-lain. Ini akan mendukung keselamatan Anda saat belajar misalnya dari rem blong, ban meletus atau yang lain.

Ketiga sebaiknya belajar mobil di tempat yang sepi dan dengan kondisi jalan yang datar, sangat direkomandikan di lapangan, jika sudah merasa bisa baru ke jalan yang sepi, jika sudah mahir baru ke jalan raya.

Step selanjutnya, empat belajar mengendalikan mobil dalam trek lurus, belajarlah cara mengendalikan mobil lurus dahulu, jika lurus sudah mahir kemudian belajar belok mulai yang mudah sampai rumit, jika sudah terbiasa berbelok dengan nyaman kemudian belajar mengendarai mobil pada kondisi tanjakan atau turunan. Ini sangat penting, karena akan berbahaya jika tidak menguasai tanjakan dan turunan saat berada di jalan.

Saat mobil sudah di jalankan ada baiknya rasa panik dihilangkan. Konsentrasi dalam mengendarai mobil sangat diperlukan jangan terpecah konsentrasi Anda.

Sebelum mengendarai mobil pastikan kondisi fisik dan psikis anda dalam keadaan baik: tidak lelah, tidak mengantuk, tidak sakit, tidak nervous dan lain-lain.

Baca Juga: