POPULAR STORIES

Ilmuwan Tiongkok Kembangkan Mobil Yang Dikendalikan Otak Manusia

Ilmuwan Tiongkok Kembangkan Mobil yang Dikendalikan Otak Manusia Ilmuwan Tiongkok Kembangkan Mobil Yang Dikendalikan Otak Manusia (foto: Istimewa)

Diketahui belakangan ini beberapa produsen otomotif dunia tengah sibuk untuk mengembangkan mobil tanpa awak atau otonom. Berbeda dengan hal tersebut, para ilmuwan asal Tiongkok tengah mengembangkan teknologi mobil yang dapat dikendalikan menggunakan otak atau pikiran manusia.

Selama dua tahun belakangan sejumlah ilmuwan dari Universitas Nankai, di Tiajin, Tiongkok untuk mewujudkan teknologi kemudi yang memanfaatkan kekuatan otak atau pikiran manusia mengutip laman Jalopnik.

Teknologi ini bakal menggunakan sebuah alat yang diciptakan untuk merubah gelombang otak atau pikiran manusia menjadi sebuah instruksi. Nantinya isntruksi tersebut diteruskan ke komputer untuk mengatur fitur yang ada pada mobil seperti pedal gas dan pedal rem. Saat pengujian, kepala ilmuwan tersebut dipasangi beberapa sensor dan duduk di kursi belakang. Sensor ini nantinya akan mendeteksi gelombang otak sehingga memberi instruksi ke komputer untuk menekan pedal gas.

Selain maju dan mundur, gelombang otak ataupun pikiran manusia juga bisa digunakan memerintah komputer untuk membuka dan menutup kunci. Sayangnya menurut mereka teknologi terebut masih belum sempurna dan belum ada waktu pasti agar teknologi ini layak digunakan di jalan umum.

Baca juga:

  • Ajang Balapan Mobil Otonom "Roborace" Siap Dihelat Tahun Depan
  • Ford Kembangkan Teknologi Parkir Dengan Remote Control