POPULAR STORIES

Impresi New Honda ADV 160: Posisi Berkendara Nyaman Dan Santai

Impresi New Honda ADV 160: Posisi Berkendara Nyaman dan Santai Test Ride New Honda ADV 160 (Foto: AHM)

KabarOto.com - Setelah meluncurkan New Honda ADV 160, PT Astra Honda Motor (AHM) memberikan kesempatan awak media mencoba skutik yang dibanderol Rp 36 juta untuk tipe CBS dan Rp 39 jutaan untuk tipe ABS.

Mengambil lokasi di AHM Safety Riding and Training Center, Cikarang, Jawa Barat, KabarOto berkesempatan mencoba New Honda ADV 160. Dalam sesi test ride ini peserta mendapatkan jatah empat putaran

Lintasan yang digunakan untuk test ride sendiri dibuat untuk menguji New Honda ADV 160 melalui tikungan, jalan bergelombang dan trek lurus.

Riding Position New Honda ADV 160

Ada ubahan riding position pada Honda ADV 160 dibandingkan model sebelumnya. Di mana, model terbaru ini memiliki tinggi jok 780 mm atau lebih rendah 15 mm. Sedangkan, ground clearence menjadi 165 mm.

Baca juga: AHM Resmi Luncurkan New Honda ADV160, Berapa Harganya?

Sesi pengenalan trek test ride Honda ADV 160

AHM mengklaim ubahan ini akan memberikan kenyamanan berkendara saat melintasi berbagai kondisi jalan. Benar saja, saat KabarOto menaiki skutik ini terasa lebih santai dan nyaman.

Sementara itu, bagian setang yang menggunakan Teppered Handlebar membuat posisi tangan lebih dekat dan tidak terlalu memanjang ke depan. Sebagai informasi saja, KabarOto memiliki tinggi sekitar 165 cm bisa menapak dua kaki, namun sedikit terangkat di bagian belakang.

Pijakan kaki Honda ADV 160 terasa lebih lega, sehingga pengendara bisa meluruskan kaki hingga lurus sempurna.

Performa Mesin

Menu utama pada Honda ADV 160 adalah ubahan pada sektor performa, di mana skutik gambot ini dibekali mesin 160 cc eSP+ 4 Valve terbaru dari Honda. Jantung pacu ini sama dengan milik Honda PCX 160 dan Honda Vario 160. Di atas kertas, tenaga maksimum yang dihasilkan 15 dk pada 8.500 rpm dengan torsi maksimum hingga 14,7 Nm pada 6.500 rpm.

Pada lintasan lurus, mencoba menarik gas lebih dalam. Hasilnya tenaga yang dikeluarkan dari mesin Honda ADV 160 ini sudah terasa sejak tarikan awal hingga ke atas tidak kehilangan respon tenaganya.

Sebagi catatan, pada lintasan lurus ini mencapai kecepatan tertinggi hingga 82 kpj.

Melaju di trek lurus, kecepatan tertinggi 82 kpj

Baca juga: Perbedaan New Honda ADV160 Dan ADV150

Kenyamanan Berkendara

Saat melewati jalan bergelombang, suspensinya terbilang empuk sehingga pengendara tidak merasakan getaran yang berarti. Begitu juga saat bermanuver ke kiri dan kanan, pengendara masih merasakan kestabilan saat berkendara.

Meskipun postur Honda ADV 160 yang terbilang bongsor, namun pada kenyataannya cukup nyaman saat melakukan berbelok dan terasa enteng saat sudah melaju.

Menurut KabarOto, Honda ADV 160 cukup menjanjikan untuk menjadi kendaraan sehari-hari yang bisa melintasi berbagai jenis jalan. Sedangkan, untuk perjalanan jarak jauh pun cukup bisa diandalkan karena punya riding position yang lebih nyaman dan santai.