Ingin Jajal Touring Dekat? Ini Tips Simpel Dari Komunitas TBZI

Ingin Jajal Touring Dekat? Ini Tips Simpel Dari Komunitas TBZI Foto: TBZI

KabarOto.com - Kesibukan dan rutinitas pekerjaan yang terkadang membuat kita merasa jenuh dan bosan, berkumpul bersama rekan-rekan komunitas menjadi salah satu cara untuk mengusir rasa jenuh sekaligus mencari pengalaman menarik.

Tak jarang, anggota sebuah komunitas akan menyempatkan waktunya untuk sekedar berkumpul untuk kopi darat, hingga melakukan kegiatan memakan waktu lebih lama seperti touring bersama.

Komunitas Trailblazer Indonesia (TBZI) tak ketinggalan secara berkala juga melakukan kegiatan touring bagi para anggotanya. Seperti menyelenggarakan touring bulanan ke Rengasdengklok, Karawang beberapa waktu lalu (17-18/8/2019).

Nah, selaku penggagas kegiatan, Dandi pun turut membagikan beberapa tips berkendara saat touring, yuk simak.

1. Persiapan memadai

"Saat akan berangkat menuju kawasan Rengasdengklok, gunakan kendaraan yang memadai guna menghadapi kondisi jalan yang penuh tanjakan, kelokan, dan turunan," ujarnya.

Ia bilang, pastikan Sobat Kabaroto memperhatikan dan memeriksa hal-hal dasar kondisi kendaraan sebelum bepergian, seperti lampu, oli, rem, ban dan wiper.

Baca Juga: Ini Tips Touring Bareng Komunitas Ala TBZI

Selain itu, jangan lupa memeriksa kondisi ban cadangan dan persiapkan nomor layanan yang dapat dihubungi saat darurat termasuk layanan derek mobil.

2. Tentukan titik beristirahat

Menempuh perjalanan jarak jauh, terutama tempat baru yang belum pernah dikunjungi sebelumnya, dibutuhkan pemahaman yang baik akan kondisi rute perjalanan.

Fitur seperti MyLink yang dapat terkoneksi dengan Google Maps yang terdapat pada smartphone, dapat berguna bagi pengemudi untuk mengetahui jalur terbaik menuju lokasi.

"Selain itu, sebaiknya utamakan jalur utama untuk menemukan titik beristirahat yang terbaik," imbuh Dandi.

3. Pastikan bahan bakar cukup

Melewati tanjakan terjal tentu membutuhkan konsumsi bahan bakar lebih banyak pada kendaraan. Maka dari itu, anda perlu memantau persediaan bahan bakar kendaraan agar selalu cukup ketika digunakan untuk melewati kondisi jalan yang tak bisa diprediksi.