Ingin Meminang Hyundai Trajet Bekas? Ini Yang Perlu Diperhatikan

Ingin Meminang Hyundai Trajet Bekas? Ini yang Perlu Diperhatikan Spare part Hyundai Trajet yang butuh perhatian khusus (Foto: Kipli)

KabarOto.com - Stigma mobil Korea di Indonesia yang kurang prestis seakan terkikis dengan kemunculan tipe MPV-nya yang justru relatif banyak dipilih sebagai mobil keluarga, contohnya saja sejak kehadiran Hyundai Trajet di Indonesia.

Bagi Anda yang sedang mencari atau berminat menjadikan varian ini sebagai alternatif mobil bekas pilihan, ada baiknya simak ulasan tentang MPV asal Negeri Ginseng ini.

“Meski tergolong keluaran lawas, daya tampung dan ketangguhan mobil ini tidak perlu diragukan lagi. Konturnya yang terkesan mewah juga jadi salah satu alasan para pemiliknya senang dengan Hyundai Trajet,” jelas Agus Ibnu Fajar, pemilik bengkel Berkah Jaya Abadi yang menjadi rujukan komunitas Hyundai Trajet.

Terus apa sih masalah yang sering dialami oleh Hyundai Trajet?

Agus mengaku bahwa tidak ada masalah signifikan dengan varian tersebut selama dirawat secara rutin, namun Ia tetap menambahkan bahwa sektor yang perlu diperhatikan secara khusus adalah pengapian dan kaki-kaki. “Enggak ada yang komplain masalah terlalu berat sejauh para pelanggan menggunakan Hyundai Trajet, paling koil pengapiannya saja yang harus diperhatikan, karena memang ada umur dan masa pakainya,” terangnya.

Baca Juga: Lampu Rem Terus Menyala, Hyundai dan Kia Tarik Kembali 500 Ribu Mobil

“Kaki-kaki sebenarnya masalah yang relatif, apalagi mengingat bodi Hyundai Trajet yang gambot dan nyaman, bikin pemiliknya suka terlena tetap injak gas dan hajar lubang di sana-sini. Akibatnya suspensi yang kalah duluan,” tambah pria berbadan subur ini.

Namun jangan khawatir, dirinya pun mengaku bahwa ketersediaan fast moving parts hingga ragam suku cadang lainnya masih banyak yang menjual dengan harga bervariasi.

”Untuk ukuran mobil yang termasuk mewah, suku cadang Trajet ini relatif terjangkau kok kalau dibanding mobil-mobil Jepang,” tukasnya.

Contohnya seperti koil dan suspensi yang telah disebutkan menjadi salah satu hal yang perlu diwaspadai dari varian ini. Koil orisinil Hyundai Trajet dibanderol seharga Rp 1,3 juta/buah. Sedangkan suspensi depan & belakang orisinal dapat ditebus masing-masing seharga Rp 950 ribu dan Rp 750 ribu.

“Hyundai Trajet paling sering kalah yang bagian depan dulu biasanya kalau soal suspensi,” imbuh bengkel yang juga menerima jasa storing ini. Ingin tahu harga fast moving parts lainnya? Silahkan lihat tabel di bawah.

Barang Harga (Rp.)
Koil Orisinil 1,3 juta/ buah
Suspensi 950 ribu (depan) - 750 ribu (belakang)/ buah
Kampas Rem 300 ribu (depan) - 200 ribu (belakang)
Filter Udara 65 ribu
Filter Bensin 125 ribu
Busi 90 ribu/ 4 buah
Filter Oli 35 ribu
Kopling 1 set 1,4 juta
paking cover klep 125 ribu
Oli mesin Hyundai 260 ribu/ liter - 275 ribu/ galon