POPULAR STORIES

Ini Alasan Toyota Membawa C-HR Ke Indonesia

Ini  Alasan Toyota Membawa C-HR ke Indonesia Toyota C-HR hadir di Indonesia (Carscoops)

KabarOto.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) baru-baru ini meluncurkan Toyota C-HR. Mobil ini mengusung platform Toyota New Global Architecture (TNGA) yang menjadi desain dan standar kendaraan Eropa. Kenapa Toyota membawa C-HR ke Indonesia?

CBU & Commercial Product General Manager PT TAM, Bansar Maduma mengatakan, mobil ini pertama kali muncul di Paris Motor Show pada tahun 2014 dengan desain body tegas, stylish dan mewah. Sebagai perpaduan model coupe dan SUV (sport utility vehicle), C-HR memiliki karakter yang berbeda.

"Desain dan kenyamanan menjadi hal utama. Masyarakat Eropa rata-rata senang berkendara sendiri. Dengan karakter jalan antara satu wilayah dengan wilayah lain berjauhan dan mulus, mereka memerlukan kendaraan yang memberikan personality, kenyamanan, compact, dengan kabin luas. Maka itu, kami menghadirkan C-HR. Penjualan C-HR di Eropa pun sangat baik," ujarnya.

Bansar menuturkan, dengan melihat desainnya yang berbeda membuat banyak konsumen di luar Eropa tertarik dengan mobil ini. "Di era modern seperti sekarang, orang bisa melihat mobil di negara lain dengan mudah. Banyak masyarakat di Asia yang tertarik dengan model mobil ini. Melihat minat yang besar C-HR pun kami boyong ke Asia," katanya.

Dia menyebutkan, pasar Asia yang pertama kali disinggahi C-HR adalah Jepang. Mobil ini diterima sangat baik di sana. Bahkan, C-HR berada di posisi teratas dalam penjualan.

"Setelah itu kami membawa ke Thailand, dan beberapa negara lain. Bahkan, beberapa kali mobil ini kami hadirkan di pameran. Berdasarkan studi, banyak masyarakat yang tertarik dengan mobil ini. Maka itu kami membawa C-HR ke Indonesia," ujarnya.

Bansar mengatakan, untuk pasar Indonesia pihaknya memilih mesin 1.800 cc (1.8L 2ZR-FBE dengan teknologi Dual VVT-i ) karena lebih efisien dan optimal dibanding 2.000 cc, seperti model C-HR yang dipasarkan di kawasan Amerika.

"Dengan mengusung mesin 1.800 cc tenaga yang disemburkan Toyota C-HR lebih besar 29 dk ketimbang menggunakan mesin 1.200 cc. Mesin 1.800 cc juga menghasilkan power maksimum 139 dk/6.400 rpm dan torsi 170 Nm/4.000 rpm dilengkapi transmisi 7 speed CVT dengan sequential shiftmatic, sehingga mobil ini menawarkan sensasi berkendara berbeda," katanya.

Akankah TAM menghadirkan model hybrid atau turbo? Bansar menyatakan, untuk saat ini masih mesin bensin 1.800 cc. "Saat ini masih model yang ada, untuk model lainnya masih kami pelajari, karena kami masih harus studi pasar di sini," ujarnya.