Ini Bahaya Asap Mobil Diesel Bagi Kesehatan Kita!

Abdi Kurniawan
Abdi Kurniawan 05 Oct 2016 - 10:05
Ini Bahaya Asap Mobil Diesel Bagi Kesehatan Kita!
Ini Bahaya Asap Mobil Diesel Bagi Kesehatan Kita ! (foto: Istimewa)

Mengendarai motor di jalan tentu akan menemui berbagai polusi, mulai dari debu sampai asap mobil berbahan bakar diesel atau bensin. Nah yang perlu bro and sis ketahui, ternyata asap mobil diesel itu sangat berbahaya bagi kesehatan kita. Gejala yang biasanya menimpa kita diantaranya sesak didalam dada, flu, pusing dan batuk berkepanjangan. Jika ini terus berlanjut maka akan merusak organ paru-paru kita.

Menurut WHO, bahaya asap mobil diesel dimasukan kedalam kategori zat karsinogen yang bisa memicu kanker paru-paru. Disamping itu zat ini memiliki sifat hamper sama dengan racun arsenic. Radiasi neutron yang mengandung strontium-90 memiliki efek jauh lebih berbahaya dibanding dengan perokok pasif.

Asap mobil berbahan bakar diesel juga memiliki tingkat bahaya 7 kali lebih besar dan bisa menyebabkan kanker paru-paru yang masuk kedalam kategori karsinogen. Dan bahaya karsinogen ini menjadikan penyebab tujuh kali lebih berbahaya bagi paru-paru.

Nah buat bro and sis yang sehari-hari menggunakan motor untuk aktifitas atau kegiatan komunitas, ada baiknya menggunakan masker untuk menghindari masuknya asap mobil berbahan bakar diesel yang sangat berbahaya bagi paru-paru anda.

Baca Juga: