POPULAR STORIES

Ini Bocoran Porsche Mengenai Sumber Tenaga Mobil Listrik Taycan

Ini Bocoran Porsche Mengenai Sumber Tenaga Mobil Listrik Taycan Konsep Mission E cikal bakal Taycan (Porsche)

KabarOto.com - Pabrikan mobil sport asal Jerman, Porsche, baru-baru ini merilis bocoran tentang informasi tambahan, mengenai sumber tenaga mobil listrik Taycan.

Sempat diperkenalkan pada perayaan ulang tahun Porsche ke-70 beberapa waktu lalu, mobil konsep Taycan akan memiliki sistem listrik 800 volt dan 2 motor listrik yang menghasilkan output gabungan tenaga yang setara dengan 600 dk.

Dengan motor listrik tersebut, mobil yang menurut rencana akan memulai debut tahun depan ini, dapat berakselerasi dari posisi diam hingga 100 kpj hanya dalam waktu kurang dari 3,5 detik. Hebatnya lagi, kemampuannya berlari dari 0-200 dapat ditempuh dalam waktu kurang dari 12 detik.

Rancangan Porsche Taycan

Selanjutnya, mobil yang merupakan perwujudan dari konsep Mission E ini, akan memiliki jarak tempuh lebih dari 500 Km hanya dalam sekali pengisian daya. Teknologi pengisian daya cepat juga akan digunakan oleh Porsche Taycan, sehingga baterai bisa terisi hingga 80 persen dalam waktu 15 menit.

Porsche mengatakan, bahwa Taycan akan memiliki dua motor sinkronis permanen, seperti yang digunakan dalam mobil balap Le Mans 919 Hybrid. Dua motor listrik dengan daya gabungan 440 KW tersebut, dapat membuat lonjakan tenaga secara spontan, layaknya sebuah turbo.

Seperti dilansir dari laman Motoring, motor ini menghasilkan gerakan putar permanen, yang dapat digunakan kapan saja. "Mereka mengkombinasikan tenaga tinggi dengan performa kuat serta efisiensi yang maksimum," ujar Drive Unit Project Leader Porsche, Heiko Mayer.

Teknisi Porsche

Meskipun mengusung teknologi tinggi, namun bobot motor listrik ini relatif ringan dan memiliki ukuran yang kompak. Walau Porsche tidak menjelaskan secara spesifik, namun pabrikan yang bermarkas di Stuttgart tersebut mengatakan, bahwa motor listrik yang digunakan Taycan memiliki gulungan solenoid dengan desain yang dirancang secara khusus.

Baca juga: Porsche Akan Produksi Mobil Listrik Taycan Tahun Depan

"Itu akan membuat motor dan baterai menjadi lebih kecil serta ringan dengan kekuatan sama," kata Mayer. Taycan juga akan menggunakan inverter dengan teknologi steplessly variable pulse frequency, serta sistem pendingin yang bekerja secara real time, serta dipantau oleh sensor canggih.