Ini Cara Kerja Dispenser SPBU Milik Pertamina

Acrul Affandy
Acrul Affandy 10 Jun 2016 - 08:16
Ini Cara Kerja Dispenser SPBU Milik Pertamina
Pertamina adakan kegiatan sharing knowledge untuk memberikan pemahaman cara kerja dispenser BBM kepada masyarakat di SPBU 34-12301, Bintaro Tangerang Selatan. (Foto: Bimo H.)

Beberap waktu lalu polisi menemukan sebuah SPBU di Tangerang Selatan, yang bertindak curang. Ini dilakukan demi keuntungan pemilik SPBU. Dan mereka menggunakan cara dan alat yang baru untuk memainkan jumlah liter yang dikeluarkan dari dispenser.

Untuk memberikan pemahaman yang lebih baik kepada masyarakat tentang cara kerja dispenser BBM yang benar, Pertamina mengadakan kegiatan sharing knowledge di SPBU 34-12301, Bintaro Tangerang Selatan.

Secara garis besar dispenser di SPBU itu ada dua, yang pertama berbentuk kotak yang biasa kita lihat di SPBU dengan meteran dan rupiah. dan yang kedua tangki yang berada dibawah tanah.

Bagian pertama mesin dispenser adalah mesin penghisap cairan BBM dari tangki pendam yang berada dibawah tanah. Mesin tersebut, terhubung dengan pipa spiral yang tersambung langsung dengan tangki pendam. Kemudian, mesin sedot ini akan bekerja saat operator mengangkat ujung selang alias nozzle. Akan terdengar bunyi putaran yang berasal dari dinamo pompa. Secara otomatis, cairan BBM akan naik ke alat penakar yang disebut selenoid valve untuk menerima pembelian.

Perintah pembelian juga ada, dan biasanya, kalau membeli dan menyebutkan nominal harga atau takaran liter, Itu kemudian di input ke dalam perintah pembelian. Lalu, dari selenoid valeve, cairan BBM akan mengalir melalui flowmeter alias alat pengukur aliran dan turun terus ke selang BBM. Dan saat tuas di moncong selang atau nozzle ditarik, maka cairan bensin tadi akan keluar dan mengalir ke dalam tangki kendaraan yang akan diisi.

Tongkat totalisator yang berada di atas flowmeter bergerak bersamaan dengan angka nominal harga, totalisator penghitung penjualan sesuai kecepatan cairan yang keluar di nozzle.‎ Flowmeter akan berhenti bekerja setelah mencapai angka pembelian yang telah dimasukkan.

Baca Juga: