POPULAR STORIES

Ini Komentar Para Rider MotoGP Soal Aksi 'Gila' Romano Fenati

Ini Komentar Para Rider MotoGP Soal Aksi 'Gila' Romano Fenati Romano Fenati (Foto: Istimewa)

KabarOto.com - Aksi 'gila' yang dilakukan oleh rider Moto2, Romano Fenati kepada Stefano Manzi pada balapan Moto2 di Misano World Circuit Marco Simoncelli pada Minggu (09/09), turut mengundang kecaman dari para rider MotoGP.

Marc Marquez dan Dovizioso menilai perbuatan yang dilakukan Fenati itu sangat berbahaya dan pantas mendapatkan hukuman penalti.

Insiden itu terjadi pada pertengahan balap kelas Moto2. Kedua rider asal Italia ini sempat bersenggolan usai menjalani aksi saling salip. Fenati yang terlihat kesal, kemudian mengejar Manzi saat melaju di Tikungan 7 dan melaju di sisi kanannya.

Dalam kecepatan tinggi, Fenati dengan sengaja meraih tuas rem Manzi dan segera mencengkeramnya. Manzi sempat goyah, namun beruntung tak terjatuh.

Baca Juga: Aksi Gila Pencet Rem Lawan Saat Balap Moto2, Romano Fenati Kena Skors

Fenati pun segera mendapat bendera hitam dan diskualifikasi. Usai balap, aksinya ini kembali dievaluasi oleh FIM Stewards dan dinyatakan mendapat larangan dua kali balap, yang berarti dirinya takkan turun di MotorLand Aragon, Spanyol dan Buriram, Thailand.

Manzi yang akhirnya terjatuh dan gagal finis pun tak luput dari hukuman. Anggota VR46 Riders Academy dijatuhi hukuman mundur enam posisi start di Aragon, Spanyol pada 23 September mendatang.

<blockquote class="twitter-tweet" data-lang="en"><p lang="en" dir="ltr">FIM MotoGP Stewards ????<br><br>Black flag Romano Fenati for irresponsible riding ????<a href="https://twitter.com/hashtag/Moto2?src=hash&amp;ref_src=twsrc%5Etfw">#Moto2</a> <a href="https://twitter.com/hashtag/SanMarinoGP?src=hash&amp;ref_src=twsrc%5Etfw">#SanMarinoGP</a> <a href="https://t.co/sTqv6nhZer">pic.twitter.com/sTqv6nhZer</a></p>&mdash; MotoGP™???????????? (@MotoGP) <a href="https://twitter.com/MotoGP/status/1038748128940314624?ref_src=twsrc%5Etfw">September 9, 2018</a></blockquote>
<script async src="https://platform.twitter.com/widgets.js" charset="utf-8"></script>

Baca Juga: Dovizioso Menang Di San Marino, Lorenzo Gagal Raih Poin

Kepada Crash.net, para rider MotoGP seperti Marc Marquez dan Andrea Dovizioso pun menyampaikan pendapatnya soal insiden Fenati yang menghebohkan balapan MotoGP San Marino, akhir pekan kemarin.

Rider Repsol Honda, Marc Marquez menyatakan, "Race Direction lah yang harus memutuskan situasinya. Mereka harus menjatuhkan penalti agar rider lain juga takkan melakukannya, karena jika Anda menjatuhkan hukuman yang berat, maka rider akan tahu ia takkan boleh balapan," ujar The Baby Alien.

Rider Ducati Corse, Andrea Dovizioso pun menyatakan, "Melihat aksinya (Fenati), tentu wajar bila ia mendapatkan bendera hitam. Tapi kami harus melihat apa yang dilakukan Manzi sebelum itu, mungkin ia juga melakukan kesalahan. Tapi tetap saja, bagaimana pun Anda tak boleh melakukan hal itu," ungkap Dovi.