Ini Masalah Yang Biasa Dihadapi Pengguna Mobil Suzuki Saat Mudik

Ini Masalah yang Biasa Dihadapi Pengguna Mobil Suzuki Saat Mudik

KabarOto.com - Sebagian besar masyarakat Indonesia sudah berangkat menuju kampung halaman menggunakan mobil untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri bersama keluarga. Sebelum melakukan perjalanan panjang, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, diantaranya melakukan pengecekkan kondisi kaki-kaki, sistem rem, kopling, kondisi mesin, penggantian busi, kanvas rem, wiper, filter atau saringan udara, dan bagian kelistrikan kendaraan.

Baca Juga: Nih, Daftar Bengkel Siaga Mudik Suzuki Saat Lebaran 2019

Hal itu diperlukan untuk memastikan semua kondisi kendaraan aman dan layak jalan. “Semua sistem komponen itu memang penting diperiksa sehingga kondisi kendaraan layak pakai untuk mudik,” ujar Service Representative Manager PT. Nusantara Jaya Sentosa, Rennalt Yuliono dalam saat sesi Talkshow Ruang Kita Ngobrol Otomotif (ANGKOT) bersama Forum Wartawan Otomotif (Forwot) dan Suzuki di Auto Radio Bandung 88,9 FM.

Suzuki buka bengkel Siaga untuk pemudik di beberapa wilayah di Jawa, Sumatera dan Bali.

Selain itu menurutnya, para pemilik mobil harus cerdas memilih suku cadang yang tepat, dan melakukan pengecekan kendaraan, sehingga dalam perjalanan kendaraan bisa berfungsi dengan optimal dan memberikan kenyamanan pada saat kita melakukan perjalanan mudik.

Dengan persiapan kendaraan sejak dini, diharapkan para pemilik mobil dapat lebih menyadari akan pentingnya perhatian terhadap komponen-komponen penting yang mempunyai peranan melajunya sebuah kendaraan, terutama saat akan menempuh perjalanan yang cukup jauh.

“Tak hanya kendaraan yang dituntut prima. kondisi fisik pengemudi pun patut diperhatikan. Jika kondisi mengantuk jangan dipaksakan, sebaiknya beristirahat sejenak,” paparnya.

Posko Siaga Suzuki

Sementara itu, Toni Sugiharto Koswara, Head of Regional Training Suzuki Jawa Barat PT Nusantara Jaya Sentosa mengungkapkan, berdasarkan data mudik di tahun lalu, kebanyakan mobil konsumen Suzuki bermasalah pada aki, rem dan koplingnya.

“Biasanya masalah aki karena kelistrikan seperti lampu nyala terus menerus. Sementara pijakan rem mobil sudah semakin dalam dan jauh dari biasanya, itu merupakan salah satu tanda kalau kampas rem mobil sudah haus dan berkurang. Sedangkan kopling mulai haus ketika macet melanda dalam perjalanan mudik,” ujarnya.

Baca Juga: Siaga Lebaran, Suzuki Siapkan Ratusan Mobil Towing Dan Fasilitas Untuk Temani Mudik Pelanggan

Untuk diketahui, Suzuki memiliki program “Ketupat Mudik Lebaran 2019” untuk memberikan kenyamanan dan keamanan konsumen saat melakukan perjalanan mudik. Konsumen juga bisa menggunakan layanan Halo Suzuki di nomor telepon 0800 1100 800. Selama 24 jam, konsumen dapat mencari informasi maupun berkonsultasi seputar kendaraan Suzuki di layanan gratis ini.