Ini Pentingnya Mengganti Seal Karet Tutup Tangki Bensin

Abdi Kurniawan
Abdi Kurniawan 07 Oct 2016 - 09:10
Ini Pentingnya Mengganti Seal Karet Tutup Tangki Bensin
Ini Pentingnya Mengganti Seal Karet Tutup Tangki Bensin (foto : Istimewa)

Bro n sist terkadang usai mengisi bensin sampai ‘full tank' bensin akan keluar sedikit (luber), dan bau bensin akan menyengat di hidung bro n sist. Bila hal ini terjadi terus menerus, bro n sist harus periksa keadaan seal pada seal tutup tangki bensin motor bro n sist.

Bila saat diperiksa pada bagian tutup tangki namun keadaannya masih rapat, akan tetapi permukaan bensin tampak turun padahal hanya baru berjalan sebentar, bro n sist harus lebih cermat mungkin ada masalah pada ring atau seal karet tutup tangki.

Walau tampak tidak terlalu menjadi masalah, hal ini cukup berbahaya sebenarnya, karena uap bensin yang luber tersebut. Terutama jika pengendara adalah perokok, percikan api dari korek atau bara dari rokok bro n sist dapat menyulut kebakaran.

Seal karet berbentuk cincin pada tutup tangki berfungsi memang sebagai perapat agar bensin tidak merembes (luber) keluar dari tutup tangki, akibat guncangan saat berkendara di jalan. Tetapi umumnya bahan karet ada masa pakainya terutama jika sering terpapar bahan bakar. Masa pakainya sangat tergantung dari komposisi bahan karet, dan volume bensin yang diisikan. Seal karet tutup tangki memang ada yang tahan terhadap bensin seperti yang berbahan PolyUrethane (PU).

Jika mengalami masalah seperti di atas, sebaiknya seal karet tutup tangki bensin diganti. Seal karet bisa didapatkan di toko-toko aksesoris, atau di diler dan bengkel sepeda motor. Harganya paling murah sekitar Rp 15 ribuan. Tentu harus dipastikan ketebalan, dan ukuran ringnya, dan pastinya tiap model sepeda motor memiliki ukuran tersendiri.

Baca Juga: