Ini Pentingnya Sediakan Silicone Spray Di Rumah

Ini Pentingnya Sediakan Silicone Spray di Rumah silicone spray untuk kaca mobil (foto: sari)

Membuka dan menutup kaca jendela mobil hanya dengan menekan tombol power window tentu sangat praktis karena bisa dioperasikan secara elektrik. Bro dan sist pasti tak ingin cepat terjadi kerusakan pada power window yang bisa menyebabkan kaca tidak akan menutup sempurna sehingga mengurangi kenyamanan berkendara. Untuk itu, di rumah perlu menyediakan pelumas semprot silicone spray khusus untuk karet yang fungsinya melembabkan dan melicinkan karet kaca dan pintu mobil. Cairan silicone spray ini tidak hanya berfungsi di permukaan karet kaca mobil tetapi juga sudah dirancang khusus agar dapat meresap ke pori-pori karet.

Suripto, mekanik di Sentra Onderdil Harapan Indah Bekasi menyarankan penyemprotan cairan silikon ini sebaiknya dilakukan satu bulan sekali dengan menyemprot ke bagian karet kaca, pintu dan wiper yang sudah dibersihkan. Biarkan beberapa saat agar meresap ke pori-pori karet, dan hindari agar karet tidak terkena air. Lalu bersihkan sisa semprotan silicone spray dan periksa semua rel kaca pintu mobil agar terlihat kembali bersih dan debu tidak mudah melekat pada rel pintu. Merk yang digunakan bisa apa saja namun perlu diperhatikan bahwa pelumas itu aman untuk karet dan baca petunjuknya yang tertera di kemasan. Yang perlu diperhatikan adalah jangan melumasi karet menggunakan oli atau cairan sejenisnya dari bahan minyak bumi karena efeknya dalam jangka panjang bisa merusak karet. Silicone spray seharga Rp 35-40 ribu per botol ini bisa diperoleh di toko sparepart mobil.

Jika ternyata power window mengalami kerusakan dan tidak bisa lagi diservis sehingga kaca mobil tidak bisa membuka dan menutup secara baik , perlu diganti dengan tarif plus jasa pemasangan sekitar Rp300 ribuan. Menurut Suripto, power window untuk mobil keluaran Toyota atau mobil Eropa memiliki daya tahan lebih lama rata-rata sekitar 4-5 tahun jika dirawat dengan baik.

Berita Terkait

Berita Terkait