POPULAR STORIES

Ini Penyebab Lampu Kendaraan Buram Saat Hujan

Ini Penyebab Lampu Kendaraan Buram Saat Hujan

Kabaroto.com - Curah hujan tinggi biasanya membuat visibilitas lampu mobil dan motor menjadi berkurang. Apa yang menyebabkan hal itu?

Sebenarnya, masalah ini terjadi karena pengguna kendaraan menggunakan lampu utama berwarna putih. Warna ini amat tidak efektif untuk menerabas hujan.

Mengapa demikian? cahaya lampu berwarna putih justru akan kembali ke mata Anda sendiri karena dipantulkan oleh butiran air. Ini juga berlaku ketika cuaca kabut dan bersalju.

Dengan kata lain, butiran air akan "bertindak" layaknya cermin jika terkena cahaya putih. Tentu ini akan kontradiktif dengan tujuan awal penggunaan lampu.

Ini berlaku bagi semua jenis lampu berwarna putih, baik lampu LED atau HID.

Lampu HID yang bertemperatur lebih dari 4.500 derajat Kelvin akan memancarkan cahaya putih. Jika di bawah itu, warna akan sedikit meredup kekuningan.

Warna kuning sendiri adalah warna yang paling baik dipakai pada headlamp untuk menembus hujan. Tidak seperti putih, cahaya kuning dapat lebih baik menembus hujan karena kurang memantul kembali. Dengan begitu ia dapat meningkatkan visibilitas.

Berita Terkait

Berita Terkait