Ini Rahasia Mesin Balap Scotmonster Yang Raih Juara

Ini Rahasia Mesin Balap Scotmonster yang Raih Juara Nazir (kiri) si oprek mesin Scotmonster (Foto: KabarOto/Abdi Kurniawan)

KabarOto Oprek- Pria yang satu ini selain pintar di dalam mendesain modifikasi di dunia motor, ia juga lihai mengoprek mesin motor Vespa. Tak heran hasil oprekan mesin Nazir meraih juara dua dan juara tiga di event Roadrace tahun lalu.

Agar mesin kencang, Nazir mempunyai tehnik tersendiri. Cara itulah yang diterapkannya di Vespa Primavera. Ia membuat mesin balap yang seram, galak dan beringas. Lalu, apa sih kuncinya agar mesin Primavera tahun 1970 ini ngacir?

"Itu rahasia dapur dong. Tetapi tidak masalah bila saya berikan kunci rahasianya kepada KabarOto.com. Jujur saja, di dalam balap Vespa mungkin hanya engine cover saja yang murni. Semua jeroannya (onderdil) sudah digantikan dengan isi jeroan yang lain. Pokoknya jeroannya cabut-cabutan yang bisa mendukung agar motor tersebut lari sekencang-kencangnya. Di sini, Scotmonster menggunakan magnet pengapian Jepang," jelas Nazir.

Karburator yang digunakannya pun di upgrade menjadi karburator motor tertentu. Mesinnya di boreup (ditinggikan cc mesinnya). Tidak hanya mesin yang harus diperbaharui di dalam balapan. Bagian kaki-kaki juga harus mendukung.

"Kaki-kaki seperti shocbreaker, per dan rem serta lainnya diganti. Kan tidak lucu bila mesin ngebut sedangkan kaki-kaki tidak bisa dibawa lari kencang," ucap Nazir.

Berkat ubahan alias oprek mesin yang dilakukan Nazir, Primavera langka tersebut meraih juara dua dan juara tiga di ajang balap Roadrace, setahun lalu.

"Pokoknya jika ada balapan, kita, Scotmonster akan menurunkan Primavera si orange yang siap membablas lawan-lawannya," ungkap Nazir yang dirumahnya mempunyai tujuh jenis Vespa. (aku)

Baca Juga:

Excel SS 180, Main Lampu Cirikan Gaya Mods Mayday
Bagaimana Menjaga AC Mobil agar Dingin? Simak Caranya