Ini Tips Chevrolet untuk Packing Barang Mobil SUV Saat Mudik

Kipli
Kipli 07 Jun 2018 - 10:30
Ini Tips Chevrolet untuk Packing Barang Mobil SUV Saat Mudik
Untuk mengurangi potensi bahaya ketika terpaksa melakukan pengereman mendadak, maka barang- barang kecil harus dikemas lebih rapih atau dimasukkan ke dalam kotak penyimpanan, untuk barang yang lebih b

KabarOto.com - Sudah menjadi tradisi bagi masyarakat Indonesia mudik menjelang Idul Fitri. Berbagai model mobil bisa digunakan untuk mendukung kegiatan tersebut, salah satunya sport utility vehicle (SUV). Kali ini, Chevrolet Indonesia berbagi tips packing barang yang menggunakan mobil SUV agar mudik tetap aman dan nyaman.

1. Perhitungkan dengan Cermat

Walaupun mobil SUV memiliki ruang lebih untuk menyimpan barang, sebaiknya jangan memenuhi ruang mobil Anda dari dasar ke langit-langit mobil. Kapasitas beban, yang terdiri dari jumlah beban maksimum penumpang ditambah muatan, berkisar dari 400 kg dan bervariasi bagi setiap kendaraan.

Beban kendaraan dapat dihitung dengan mengurangi berat kendaraan (dalam keadaan kosong) dari berat kendaraan kotor (berat maksimum muatan yang dapat dibawa kendaraan).

Jika dalam satu mobil terdapat dua orang dewasa dengan berat beban 60 kg dan dua anak dengan berat beban di bawah 40 kg, Anda harus mengurangi kapasitas beban Anda dengan berat gabungan hingga 200 kg.

Jangan melupakan berat tambahan dari tangki penuh bahan bakar Anda. Misalnya, bahan bakar diesel berbobot sekitar 0,832 kg per liter, sehingga mengisi tangki 76 liter akan secara efektif mengurangi kapasitas membawa sebesar 63 kg lainnya. Perhitungkan dengan cermat untuk keamanan dan kenyamanan Anda.

2. Bobot Menentukan Posisi

Letakkan barang bawaan paling berat di bagasi dan letakkan di lantai. Hal ini penting untuk membantu menjaga keseimbangan kendaraan, sehingga mengurangi potensi kendaraan terbalik.

Mengatur posisi barang bawaan berdasarkan bobotnya, juga membantu mengurangi potensi dampak buruk, akibat beban kargo; kelebihan beban di bagian belakang, dapat menggeser bobot dari roda depan, sehingga mempengaruhi kemudi dan pengereman.

3. Aman di Kabin

Untuk mengurangi potensi bahaya ketika terpaksa melakukan pengereman mendadak, barang- barang kecil harus dikemas lebih rapi atau dimasukkan ke dalam kotak penyimpanan, untuk barang yang lebih besar sebaiknya diikat agar lebih aman. Hal ini akan membantu Anda untuk memastikan keamanan ketika situasi darurat.

Baca Juga: Sebulan Diluncurkan, Chevrolet Colorado Centennial Edition Telah Terjual Habis

Editor : rio