Ini Underpass Dan Flyover Di Jakarta Yang Sudah Bisa Dilalui

Ini Underpass dan Flyover di Jakarta Yang Sudah Bisa Dilalui Underpass Mampang mulai diuji coba.

KabarOto.com - Untuk mengurangi kemacetan di Jakarta, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membangun underpass dan flyover di beberapa titik. Sebagian besar sudah beroperasi dan terlihat kemacetan sudah berkurang. Ini underpass dan flyover yang sudah bisa dilalui.

Pasca dilakukan uji coba underpass Mampang - Kuningan pada Rabu (11/4/2018) pagi, arus lalu lintas dari arah Mampang Prapatan menuju Kuningan cukup lancar. Begitu pula arah sebaliknya, dari Kuningan menuju Mampag Prapatan sangat lengang.

Hambatan hanya terjadi sedikit saat Trans Jakarta berhenti di halte. Petugas Kepolisian dan Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta mengadakan rekayasa arus lalu lintas.

Baca Juga: Pemda DKI Anggarkan Rp 90 Milliar Untuk Bangun Underpass Di Lebak Bulus

Yusmada Faiza, Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta mengatakan, lalu lintas di underpass Mampang-Kuningan lebih lancar karena pengaturan rekayasa lalu lintas yang lebih sederhana. "Perubahan aturan lalu lintasnya tidak begitu banyak sehingga lancar," paparnya.

Sementara itu Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Sigit Wijatmoko menjelaskan, perubahan arus lalu lintas uji coba ini tidak ada perubahan, hanya penambahan akses putaran saja.

Underpass Matraman.

Underpass lain yang sudah dilakukan uji coba adalah Matraman. Beda dengan Mampang - Kuningan, di Underpass Matraman justru arus lalu lintas sangat padat. Semrawut dan banyak warga yang mengeluhkan kondisi tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Yusmada Faiza, Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta mengatakan, di Matraman kemarin sekalian ada pengaturan baru lalu lintas, dan Jalan Proklamasi dibuat dua arah, sehingga kemacetan terjadi.

Flyover Bintaro dan Underpass Kartini

Sementara itu flyover atau jalan layang di Bintaro Permai, Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan, sudah mulai diuji coba dan dibuka untuk publik pada awal Maret 2018 lalu.

Flyover ini membentang 400 meter mulai dari Micro Pasar Bintaro sampai dengan Sekolah Dasar Negeri 2 Bintaro. Flyover ini dibangun di atas rel kereta listrik dari Stasiun Kebayoran Baru menuju Stasiun Pondok Ranji.

Underpass Kartini menghubungkan Pondok Indah dan Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Sementara itu underpass Kartini yang menghubungkan Jl. Metro Pondok Indah menuju Lebak Bulus, Jakarta Selatan sudah lebih dulu dibuka pada akhir Februari 2018 lalu.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan saat itu berharap, satu per satu proyek lintas atas-lintas bawah yang sedang dibangun bisa segera tuntas.