Ini Yang Harus Dilakukan Ketika Akan Berpergian Di Musim Hujan

Ini Yang harus Dilakukan Ketika Akan Berpergian Di Musim Hujan Ini Yang harus Dilakukan Ketika Akan Berpergian Di Musim Hujan (Istimewa)

KabarOto.com - Cuaca di Indonesia saat ini sedang memasuki musim hujan, sehingga banyak jalan-jalan seperti di Jakarta terendam banjir.

Kalau memang harus berpergian ke luar rumah dengan kendaraan, maka ada beberapa hal yang mesti diperhatikan, demi meminimalisir kesulitan saat di jalan.

Berikut ini KabarOto akan memberikan beberapa tips yang didapatkan dari Jusri Pulubuhu sebagai Founder & Lead Instructor di Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC):

Merencanakan Rute Perjalanan

"Ada baiknya bila akan bepergian, terlebih dahulu mencari tahu jalan mana yang akan kita lewati," ulas Jusri. Rute perjalanan pun harus diperhatikan, terutama bila terjadi hujan.

Melihat di peta aplikasi juga bisa untuk memprediksi rute yang menjadi titik-titik sering terjadinya banjir atau macet.

Kondisi Jalan

Ketika hujan, sudah pasati mengemudi harus lebih hati-hati. Sebab jalan pasti lebih licin, terlebih apabila ada genangan yang menutupi permukaan jalan.

"Harus memperhatikan bahaya di sekeliling, maka kita harus menambah area bahaya yang harus diantisipasi yaitu dari bawah, jalan dan dari atas," wanti Jusri lagi.

"Bahaya dari bawah yaitu banyaknya genangan air yang menutup lubang-lubang yang tidak terlihat yang dapat mencelakakan dan membahayakan," sambungnya.

(Baca Juga : All New Honda Amaze Meluncur di India)

Sedang bahaya dari atas sering terjadi yakni jatuhnya obyek seperti papan iklan atau batang pohon yang patah akibat badai hujan, serta lampu-lampu mercury penerang jalan yang jatuh.

Bahkan bila kita harus melewati terowongan (underpass), harus mengantisipasi bila terjadinya banjir akibat hujan deras.

"Yang harus menjadi perhatian juga bila kita harus melewati daerah berbukit, karena ditakutkan terjadinya longsor dari tebing. Hal ini sudah terbukti dapat mencelakakan banyak orang," ujar penggemar motorcross ini juga.

Area Perjalanan

Berkendara di waktu hujan pun ada rintangan tambahan, yaknin berkurangnya penglihatan, baik karena titik air di kaca atau kabut dan termasuk lampu yang menyilaukan dari kendaraan lain. Makanya, kewaspadaan harus ditingkatkan untuk bisa melihat seluruh area yang akan dilewati.

"Bahaya dari bagian depan, belakang, samping kanan dan kiri itu berasal dari obyek yang bergerak seperti mobil atau pengendara motor," Jusri menjelaskan.

Jadi kita harus lebih waspada dan mawas diri bila sedang mengemudi ketika hujan turun. Persiapkanlah mental kita dan kondisi badan kita bila akan mengemudi sebuah kendaraan di jalan raya.

Berita Terkait

Berita Terkait