Ini Yang Membuat Motor Sport Lebih Mahal Ketimbang Bebek dan Matic

Abdi Kurniawan
Abdi Kurniawan 03 Oct 2016 - 12:05
Ini Yang Membuat Motor Sport Lebih Mahal Ketimbang Bebek dan Matic
Ini Yang Membuat Motor Sport Lebih Mahal Ketimbang Bebek dan Matic (foto: Astra Honda)

Ada tiga jenis sepeda motor diantaranya motor bebek, motor matic, dan motor sport. Jika dibandingkan dari segi harga, motor sport atau motor gede memang lebih mahal dari matic dan juga bebek. Motor ini pun dipercaya memberikan kesan gagah dan berbeda saat dikendarai.

Nah sebenarnya apa yang membuat motor sport atau motor gede itu lebih mahal dari motor matic dan bebek. FIF Grup memberikan beberapa penjelasan tentang hal tersebut.

Pajak Barang Mewah
Motor sport dianggap sebagai barang mewah sehingga pajaknya juga terbilang mahal. Karena motor sport harus diimpor dari luar, pengguna akan terkena pajak 3 lapis, seperti:

-Peraturan Pemerintah (PP) No. 22 tahun 2014 terkait Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) sebesar 125 persen.

-Peraturan Menteri Keuangan No. 90/PMK.03/2015 tentang penghasilan atas penjualan barang yang tergolong mewah sebesar 5 persen.

-Peraturan Menteri Keuangan No. 132/PMK.10/2015 tentang bea masuk barang impor. Kendaraan bermotor roda dua yang tergolong mewah sebesar 50%.

Hal tersebut menambah mahalnya sepeda motor. Belum lagi, saat sampai di Indonesia, ada biaya tambahan seperti mengurus surat-surat.

Barang Import
Hal ini masih berkaitan dengan poin pertama. Karena di Indonesia belum banyak yang memproduksi motor sport, otomatis penggunanya harus membeli dari negara lain. Tentunya biaya yang dikeluarkan akan meningkat. Berbeda jika produksi motor gede di Indonesia, maka biayanya bisa diminimalkan sehingga harganya jauh lebih murah.

Menggunakan Spare part Terbaik
Sparepart yang digunakan tak mudah ditemukan di bengkel biasa. Dengan spare part terbaik, seperti bagian rem, shock, velg, dan lainnya, otomatis membuat sepeda motor sport memiliki harga mahal. Tak hanya itu, motor sport juga dilengkapi dengan perangkat elektronik canggih.

Produksi Tak Banyak
Jika dibandingkan dengan jenis sepeda motor lainnya, motor sport diproduksi lebih sedikit. Bisa dibilang motor sport memiliki segementasi tertentu, yakni kategori kelas atas. Hal ini secara tak langsung membuat orang-orang memakainnya memiliki kebanggan tersendiri.

Kurs Mata Uang
Alasan terakhir yang membuat motor sport mahal adalah nilai kurs yang tinggi. Jadi, apakah Anda tetap menginginkan motor sport? Untungnya, banyak pihak leasing yang memberikan penawaran cicilan dengan DP ringan untuk motor sport. Artinya, sepeda motor sport masih bisa dijangkau oleh siapa pun.

Baca Juga: