Inilah Sederet Mobil Favorit Richard Mille, F1 Klasik Loh!

Inilah Sederet Mobil Favorit Richard Mille, F1 Klasik loh! Richard Mille ternyata obsesi dengan mobil loh, bahkan mobil F1 klasik jadi favoritnya

KabarOto.com - Pecinta jam tangan pasti kenal dengan nama Richard Mille, karena ia seorang pembuat jam tangan ternama yang sangat mahal, namanya pun dijadikan brand jam tangan buatannya. Pasalnya, jam tangan yang diciptakannya memiliki kualitas terbaik.

Tak disangka, Richard Mille adalah orang yang begitu terobsesi dengan mobil. Ia mengoleksi banyak mobil, bahkan koleksi kesayangannya tersimpan rapi di balik garasi kastil Britany miliknya. Salah satu koleksi paling fenomenal adalah mobil-mobil Formula One (F1) model klasik. Ada tiga mobil F1 klasik miliknya yang menjadi mobil favorit, yaitu McLaren Ford M2B, Ferrari 312B 1969, dan Porsche 917.

Baca juga: Pereli Rifat Sungkar Motoran Bareng Jokowi

Bahkan Richard Mille mengatakan bahwa apa yang ia buat pada jam tangan, terinspirasi dari mobil-mobil ini. "Buat karya seni, lakukan sesuatu yang mewakili momen penting dalam sejarah tontonan. Mobil-mobil ini punya makna, dan punya sejarah," ungkapnya.

1. Ford McLaren M2B

ford

Mobil ini pertama kali melakukan balap pada 22 Mei 1966 di Monaco Grand Prix. Mobil balap McLaren didesain oleh Robin Herd, diperoleh setelah menggunakan koneksinya dengan Ford untuk mendapatkan versi V8 quad-cam 3.0L. Mobil ini telah digunakan untuk memenangkan Indy 500 pada 1965.

Perlu diketahui kalau mobil ini memiliki bobot 730 kg, sementara untuk ukuran dimensi dengan panjang 4.039 mm, lebar 1.880 mm, dan lebar 941 mm.

ford

Untuk jantung mekanisnya, menggunakan mesin Ford berkonfigurasi V8 90º dengan sistem pasokan bahan bakar menggunakan Hillborn-Travers Fuel Injection. Dengan kapasitas mesin sebesar 2.995 cc, sanggup memuntahkan tenaga maksimalnya sebesar 350 dk.

Transmisinya menggunakan model manual dengan 5 percepatan, transmisi ini menyalurkan tenaga mesin ke roda belakang RWD).

ford

Mobil balap ini menggunakan sasis monokok. Pasalnya, dari segi keamanan kendaraan dengan sasis ini kurang nyaman karena tidak ada perantaraan ke bodi. Suspensi pada bagian depan dan belakang menggunakan model wisbone yang ditambahkan dengan anti-roll bar.

ford

Baca juga: Ini Cara Bikin Kapok Pemuda Pakai Knalpot Berisik

2. Ferrari 312B

ferari

Mobil ini dulunya dikendarai oleh pembalap legenda F1 asal Brazil, yaitu Mario Andretti. Dengan mobil ini, ia berhasil menang di Italian Grand Prix. "Bagiku, mobil ini adalah Formula 1 terbaik sepanjang masa," ungkap Mille, dikutip dari CNBC.

Mobil balap Ferrari ini memiliki dimensi 4,020 mm (panjang), 742 mm (lebar) dan 956 mm (tinggi) dan single-seater aluminium dengan elemen komposit. Beratnya mencapai 551 kg, jauh lebih ringan dari McLaren, padahal berat ini sudah diberi beban air, oli mesin, dan bahan bakar.

mille

Pada bagian suspensi, mobil ini dilengkapi dengan model wisbone baik pada bagian depan maupun belakang.

Sasis yang digunakan juga sama seperti pada McLaren yaitu monokok, bodi yang memiliki panel aluminium pada struktur baja tubular. Mobil ini menggunakan penggerak roda belakang dengan transmisi manual 5 percepatan. Tenaga maksimum yang dapat dikeluarkan mesin kendaraan ini sebesar 460 dk pada 12.000 rpm.

Baca juga: Lambretta Segera Masuk Indonesia?

3. Matra 660-01

Yang terakhir adakah mobil balap Matra yang dimiliki oleh Richard Mille merupakan keluaran 1971. Bobotnya mencapai 700 kg, tidak lebih berat dari McLaren, dengan kapasitas tangki bensinya 119 liter. Mesin mobil ini memiliki konfigurasi V12 (60º), 48 valve dengan bahan bakar bensin.

Kapasitas mesinnya sebesar 2.999 cc. Dan tenaga maksimum yang dapat dikeluarkan mesin kendaraan ini sebesar 450 dk pada 10.500 rpm, dengan transmisi manual 5 percepatan.

Berbeda dengan dua mobil F1 klasik lainnya, kali ini sasis yang digunakan adalah spider polyester.