POPULAR STORIES

Intip Bocoran Spesifikasi Kia EV5, Bakal Debut Di Tiongkok

Intip Bocoran Spesifikasi Kia EV5, Bakal Debut di Tiongkok Mobil listrik Kia EV5 (Foto: Kia)

KabarOto.com - Kia EV5 diperkenalkan di Chengdu Motor Show di Tiongkok. Di mana, kompak SUV listrik ini diposisikan di bawah EV6 dari segi dimensi dan harga.

Seperti yang diharapkan, meskipun EV5 awalnya akan diluncurkan di Tiongkok, Kia mengonfirmasi bahwa mobil tersebut akan tersedia secara global dengan rincian lebih lanjut akan dirilis pada Kia EV Day bulan Oktober 2023.

Berukuran panjang 4,615 mm dengan jarak sumbu roda 2,750 mm

Seperti yang dijanjikan Kia, versi produksinya hampir identik dengan konsep. Jika dilihat lebih dekat, bahwa roda futuristiknya sedikit lebih kecil berukuran 21 inci, lubang masuk yang terintegrasi dalam lampu depan LED tampak tajam telah digantikan oleh unit proyektor, sementara kaca spion telah diperbesar dan bumper sedikt berubah.

Baca Juga: Kia Ray EV Ditawarkan Dalam Tiga Varian, Harga Rp 314 Juta

Secara keseluruhan, Kia EV5 terlihat seperti adik dari EV9, dengan tampilan “wajah harimau” yang lebih agresif. Berukuran panjang 4,615 mm dengan jarak sumbu roda 2,750 mm.

Dasbor EV5 memiliki tata letak yang mirip dengan EV9

Target konsumen Kia EV5 adalah keluarga milenial yang berarti kepraktisan menjadi titik fokus di samping desain modern, kenyamanan, dan keberlanjutan. Oleh karena itu, interior SUV dibayang-bayangi sebagai “ruang tambahan” bagi rumah tangga milenial.

Hal ini ditingkatkan dengan fitur seperti kursi penumpang depan yang memanjang hingga bagian tengah, membuatnya lebih terlihat seperti sofa. Pencahayaan sekitar 64 warna dengan kecerahan yang dapat disesuaikan selaras dengan mode berkendara dan peringatan ADAS.

Jok baris kedua dapat dilipat rata, menghasilkan ruang kargo lebih luas

Dasbor EV5 memiliki tata letak mirip dengan EV9, berfokus pada satu panel dengan layar ganda untuk spidometer dan infotainment. Setir palang empat mengintegrasikan sebagian besar kontrol, sementara Kia memilih tombol fisik untuk A/C.

Terdapat juga dua port USB-C, bantalan pengisi daya nirkabel, tempat cangkir, dan ruang penyimpanan. Jok belakang dapat dilipat rata sementara ruang kargo dilengkapi partisi praktis dan penyimpanan tambahan di bawah lantai.

Baca Juga: Mobil Listrik Kia Terpesan 115 Unit Di GIIAS 2023

Bagian belakang lampu LED tipis berbentuk huruf L

EV5 diharapkan menggunakan arsitektur E-GMP. Perusahaan belum mengumumkan spesifikasi powertrain listriknya pada saat ini. Namun, dari dokumen di Tiongkok, diketahui bahwa Kia EV5 versi Tiongkok akan ditenagai oleh satu motor listrik yang menghasilkan tenaga 215 dk dan torsi 310 Nm dengan penggerak roda depan.

Motor listrik tersebut akan dipadukan paket baterai lithium besi fosfat Blade dari BYD, namun kapasitas dan jangkauannya belum bisa diketahui.