Jaguar Siap Bangkitkan Kembali 9 Unit Mobil Sport XKSS

Acrul Affandy
Acrul Affandy 28 Mar 2016 - 12:01
Jaguar Siap Bangkitkan Kembali 9 Unit Mobil Sport XKSS
Mobil 'ultra-eksklusif' Jaguar XKSS dihargai 1 juta poundsterling per unitnya, dan akan dipasarkan di AS. (Foto: Autoblog)

Setelah hampir 60 tahun tragedi kebakaran pabrik yang menimpa pabrik Jaguar pada tahun 1957, Jaguar kini mengkonfirmasi akan menyelesaikan sembilan mobil sport XKSS yang dulu semat lenyap akibat terbakar.

Model, konversi dari mobil balap ikonik D-Type ini, akan dibuat dengan tangan oleh divisi Classic spesialis Jaguar dengan masing-masing spesifikasi persis seperti aslinya yang muncul 59 tahun yang lalu. Produsen mobil Inggris ini menghargai mobil-mobil ini lebih dari 1 juta poundsterling per unitnya. Jaguar menyebut kesembilan mobil ini sebagai 'model kelanjutan ultra-eksklusif'.

Mobil-mobil ini akan menggantikan sembilan mobil yang hilang dalam kebakaran di Browns Lane di Coventry pada tahun 1957, yang semuanya akan diekspor ke AS. Hanya 16 dari 25 mobil balap ini yang pernah dibuat, sehingga sembilan 'remake' ini sangat diminati para kolektor saat ini.

"XKSS menempati tempat yang unik dalam sejarah Jaguar dan merupakan mobil dambaan para kolektor di seluruh dunia untuk eksklusivitas dan desain sempurna," kata Tim Hannig, direktur Jaguar Land Rover Classic, seperti dikutip laman DailyMail.

"Kelanjutan XKSS kami menegaskan kembali komitmen kami untuk memelihara semangat dan antusiasme untuk masa lalu Jaguar yang terkenal Jaguar dengan menawarkan mobil, layanan, suku cadang dan pengalaman," ungkapnya.

Baca Juga: